Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Ini 5 Ruas Tol yang Dapat Diskon Selama Mudik Lebaran

Kompas.com - 16/04/2023, 10:42 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Jelang mudik Lebaran 2023, sejumlah pengelola tol memberikan diskon tarif bagi konsumen. Tercatat, ada 5 ruas tol yang menerapkan diskon, yakni 3 ruas di Pulau Jawa dan 2 ruas di Pulau Sumatera.

Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja, mengatakan, penerapan kebijakan diskon tol ini merupakan upaya Pemerintah bersama BUJT untuk mengurangi kepadatan kendaraan saat mudik maupun arus balik Lebaran.

"Kita harapkan agar diskon tarif tol ini yang telah ditawarkan oleh operator jalan tol ini dapat disambut positif dan dimanfaatkan oleh masyarakat yang memiliki keleluasaan waktu untuk mudik lebih dulu atau kembali lebih belakangan," ujar Endra, dalam keterangan tertulis (15/4/2023).

Baca juga: Viral Video Mobil Parkir Sembarangan dan Terserempet Truk

Lokasi gerbang tol Bakauheuni Selatan.dok. Hutama Karya Lokasi gerbang tol Bakauheuni Selatan.

Pertama, diskon tarif tol diberikan oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk sebesar 20 persen untuk ruas Tol Jakarta-Cikampek yang merupakan bagian penting dari Jalan Tol Trans Jawa.

Penerapan diskon tol berlaku tanggal 16-17 April dan 27-29 April 2023 dari Gerbang Tol Cikampek Utama menuju Gerbang Tol Kalihurip Utama atau sebaliknya.

Kedua, diskon tarif tol diberikan PT Hutama Karya (Persero) Tbk pada ruas Bakauheni-Terbanggi Besar yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera.

Baca juga: Gunakan Teknik Ini Saat Mobil Berhenti di Tanjakan

Potongan tarif tol diberikan sebesar 20 persen berlaku tanggal 16-18 April dan 26-28 April 2023 untuk semua golongan kendaraan.

Ketiga, penerapan diskon tarif tol berlaku untuk ruas Tol Kayuagung-Palembang yang dikelola oleh PT Waskita Toll Road melalui anak perusahaannya PT Waskita Sriwijaya Tol (WST).

Diskon tarif tol pada jalan tol Trans Sumatera ini diberlakukan untuk semua golongan kendaraan sebesar 20 persen dan berlaku pada 16-18 April dan 27-29 April 2023.

Baca juga: Pertamina Siagakan SPBU Modular di Tol Cisumdawu

Jalan Tol Cibitung-Cilincing (JTCC) Seksi 4DOK. Humas PT Pelindo Solusi Logistik Jalan Tol Cibitung-Cilincing (JTCC) Seksi 4

Keempat, diskon tarif tol juga diberlakukan oleh PT Marga Mandalasakti (ASTRA Infra Toll Road Tangerang-Merak) untuk ruas Tol Tangerang-Merak. Besaran potongan tarif tol adalah 20 persen untuk tanggal 16-18 April dan 27-28 April 2023.

Kelima atau yang terakhir, diskon tarif tol diberikan oleh PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways untuk ruas tol Cibitung-Cilincing pada tanggal 14 hingga 30 April 2023.

Adapun besaran potongan tarif tol adalah Golongan I sebesar 15 persen, Golongan II dan III sebesar 44 persen, dan Golongan IV dan V sebesar 58 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com