Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Efek jika Sering Telat Ganti Oli Mesin Mobil

Kompas.com - 13/04/2023, 12:02 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -  Oli digunakan untuk melumasi dan melindungi komponen-komponen utama mesin dari kerusakan. Maka dari itu, pemilik mobil sebaiknya melakukan servis dan pergantian pelumas rutin sebagai bentuk perawatan. 

Mobil yang jarang ganti oli juga dikhawatirkan bermasalah. Sebab, akan timbul kerak dan kotoran yang merusak kompresi di ruang bakar. 

Jika dibiarkan, biasanya bahan bakar akan boros dan tidak bertenaga. Selain itu, pemilik sebaiknya memperhatikan kualitas dan volume oli, sehingga tidak ada masalah. 

"Jadwal ganti oli 5.000-10.000 kilometer. Oli mesin fungsinya sangat penting. Jika telat akan muncul sludge oli di dalam mesin. Itu harus di rontokan, bisa menggunakan engine flush agar mesin bersih," kata Kepala Bengkel Nasmoco Kaligawe Semarang Mohammad Syafruddin kepada Kompas.com, Kamis (13/4/2023). 

Baca juga: Mobil yang Akan Dipakai Mudik Wajib Ganti Oli Mesin?

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Otospector (@otospector)

Menurut dia, kerak oli atau sludge yang menumpuk di dalam mesin dampaknya pada sistem pembakaran. 

Hampir sama mesin ngelitik, jika ruang bakar bermasalah dikhawatirkan mempengaruhi bahan bakar yang digunakan. Hasilnya pun tenaga mesin berkurang dan mobil menjadi boros. 

Mekanik bengkel resmi Toyota Nasmoco Majapahit Semarang melakukan pergantian oli mesin Innova Reborn Nasmoco Mekanik bengkel resmi Toyota Nasmoco Majapahit Semarang melakukan pergantian oli mesin Innova Reborn

"Biar mobil nyaman digunakan, oli dan bahan bakar harus diperhatikan. Kualitas keduanya, menentukan usia komponen. Apalagi mobil yang cuma parkir, digunakan sehari seminggu. Sludge banyak, harus rutin ganti oli," kata dia. 

Baca juga: Boleh atau Tidak Ganti Oli Mesin dengan Spesifikasi Berbeda?

Kepala Bengkel Honda Kusuma Siliwangi Semarang Teguh Dwi Harianto mengatakan, bengkel resmi memiliki layanan pelanggan untuk mengingatkan jadwal servis berkala dan ganti oli. 

Perawatan mobil di bengkel resmi Honda Gajah Mada Semarang Honda Gajah Mada Semarang Perawatan mobil di bengkel resmi Honda Gajah Mada Semarang

"Itu sudah kita lakukan, agar jangan sampai konsumen Honda telat dalam merawat kendaraan. 10.000 kilometer sekali, kita telepon atau chat pelanggan. Ada layanan antar jemput servis bagi pemilik mobil yang sibuk," kata Teguh. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com