Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pastikan Tangki Bensin Mobil Selalu Penuh Saat Mudik

Kompas.com - 12/04/2023, 09:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memastikan jumlah bensin di tangki selalu penuh merupakan satu sikap baik yang sebaiknya diterapkan oleh para pemudik selama perjalanan mudik lebaran.

Heri Purnomo, Kepala Pusat Staff Teknisi Nasmoco Group mengatakan, tangki bensin yang selalu penuh akan sangat bermanfaat, tidak hanya bagi mobil, tapi juga pengendara.

“Kalau jumlah bensin di tangki selalu optimal, kondisi dan kinerja komponen-komponen mesin seperti fuel pump juga akan prima,” ucap Heri kepada Kompas.com, belum lama ini.

Dia menyarankan para pemudik untuk memastikan bensin mobil dalam keadaan penuh sebelum memulai perjalanan mudik dan rutin mengisi bensin setelah mencapai jarak tertentu.

Baca juga: Simulasi Mudik Pakai Toyota Avanza, Bisa Seberapa Jauh dengan Satu Tangki Full?

Kenaraan angkutan barang di Gebang Tol Cikupa pada ruas tol Tangerang Merak. Berikut jadwal, lokasi, dan jenis kendaraan terkait pembatasan operasional angkutan barang selama arus mudik dan arus balik lebaran 2023.
KOMPAS.COM/RASYID RIDHO Kenaraan angkutan barang di Gebang Tol Cikupa pada ruas tol Tangerang Merak. Berikut jadwal, lokasi, dan jenis kendaraan terkait pembatasan operasional angkutan barang selama arus mudik dan arus balik lebaran 2023.

Mengingat perjalanan mudik adalah perjalanan jarak jauh, ada potensi terjadinya kendala yang akan memperlama perjalanan. Kendala itu bisa berupa macet panjang, atau bahkan pengalihan jalan.

“Sebaiknya pengemudi tidak lengah dan menggampangkan jumlah bensin. Karena kalau menghadapi situasi macet panjang dan bensin tinggal sedikit, itu kan bisa membuat panik dan pusing,” ujarnya.

Heri mencontohkan satu kendala yang biasanya terjadi ketika mudik, baik itu ketika arus awal atau arus balik, yakni penerapan sistem one way alias satu arah di jalan tol.

“Ketika diterapkan one way, mobil kan bisa diam lama bahkan selama berjam-jam. Nah, kalau bensin dalam keadaan penuh, pengemudi enggak perlu khawatir atau panik akan kehabisan BBM ketika macet,” kata dia.

Baca juga: Saat Perjalanan Mudik, Jangan Gelar Kasur Angin di Kabin Mobil

One way arus balik resmi dilakukanJASA MARGA One way arus balik resmi dilakukan

Supaya pengemudi terhindar dari kepanikan akibat BBM habis, Heri menyarankan untuk selalu mengisi BBM hingga penuh setiap kapasitas tangki menyentuh batas 50 persen.

“Setiap 50 persen, sebaiknya langsung isi full saja. Ini jauh lebih baik bagi perjalanan dan toh enggak ada ruginya,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com