Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PO Sinar Jaya Luncurkan 5 Bus Baru Rakitan Laksana

Kompas.com - 05/04/2023, 07:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com- Perusahaan otobus (PO) Sinar Jaya meluncurkan 5 unit bus baru rakitan Karoseri Laksana.

Kelima bus anyar tersebut menggunakan balutan bodi Legacy SR3 HD Prime dengan model kaca depan ganda alias double glass.

Bodi Legacy SR3 sendiri identik dengan yang elegan dan modern, sehingga jauh lebih segar dari tampilan bodi Legacy generasi sebelumnya. Pada bagian lampu -lampu SR3 dilengkapi dengan LED, baik lampu utama, sein, sampai fog lamp.

Selain itu, bentuk dari kaca spion pada bodi ini punya detail lampu dengan ukuran lebih panjang jika dibandingkan dengan SR2.Tidak lupa pada bagian kaca samping bus disematkan hiasan selendang.

Baca juga: Konversi Motor Listrik Bisa Tekan Impor BBM Sampai 20.000 KL

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KAROSERI LAKSANA (@laksanabus)

 


Secara visual eksterior keseluruhan, bus ini masih mengadopsi DNA dari bus PO Sinar Jaya sebelumnya, yaitu dengan kelir putih.

Tidak ketinggalan kehadiran livery garis dengan corak pelangi yang menghiasi bodi samping bus. Lalu, di bawah livery tersebut terdapat tulisan Sinar Jaya.

Kemudian, bagian bodi belakang bus ini tampil polos tanpa adanya lubang udara lantaran menggunakan tipe mesin depan.

Baca juga: 10 Bus Baru PO Harapan Jaya, Polos Tanpa Livery Kuda

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KoranSinar (@koransinar)

Pindah ke bagian kabin bus, interior bus tampil modern dengan beberapa penyematan fitur teknologi. Misalnya penggunaan dashboard dengan head unit digital, serta dilengkapi dengan dua unit televisi yang akan menjadi hiburan para penumpang selama perjalanan.

Kedua unit televisi tersebut disematkan pada sekat atau partisi yang menjadi pemisah ruang kru bus dan ruang kursi penumpang.

Baca juga: Volta Fokus Kembangkan Ekosistem Motor Listrik di Jabodetabek

Partisi tersebut dilapisi dengan kaca tembus pandang, sehingga penumpang masih bisa melihat pemandangan keluar dengan leluasa tanpa terhalang.

Agar penumpang lebih nyaman, bus juga dilengkapi dengan satu unit toilet pada bagian paling belakang kabin. Sementara itu, kursi penumpang terdiri dari konfigurasi dua kanan dan dua kiri.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com