Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malas Nengok Saat Pindah Jalur, Dua Motor Saling Senggol

Kompas.com - 04/04/2023, 19:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengendarai sepeda motor merupakan tindakan berisiko. Karena itu perlu kesadaran penuh. Tindakan ceroboh bisa meningkatkan risiko kecelakaan, seperti pindah jalur tidak melihat belakang.

Kejadian tersebut terjadi dalam video yang diunggah akun Instagram Dashcam Owners Indonesia. Terlihat dua pengendara motor jatuh karena senggolan. Sebab salah satu motor memotong jalur tidak melihat kondisi.

Baca juga: Subsidi Konversi Motor Listrik Tidak Dibatasi, 1 KTP Bisa Dapat Lebih

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani, mengatakan, risiko kecelakaan saat pindah jalur sebetulnya bisa diminimalisir jika pengendara motor melihat sebelum pindah jalan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

 

“Kaca spion yang ada pada motor memiliki keterbatasan pandangan bagi pengendara, ada sudut pandang yang tidak terlihat yaitu area blindspot," kata Agus kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Namun selain itu selain melihat kaca spion, pengendara wajib juga menoleh ke belakang agar pandangan menjadi lebih luas, sekaligus memastikan situasi aman.

“Maka dari itu, hal yang harus diperhatikan yaitu melakukan safety check dengan menengok ke belakang ketika ingin bergerak maju atau berbelok,” kata Agus.

Agus menambahkan, kecelakaan kerap terjadi karena pengendara motor tidak menoleh dan hanya mengandalkan spion serta lampu sein saat akan pindah jalur atau berbelok.

Baca juga: Diprediksi Meningkat, Pertamina Jamin Ketersediaan BBM di Musim Mudik

Menggunakan spion motor dengan benar bisa cegah blind spotDok. YIMM Menggunakan spion motor dengan benar bisa cegah blind spot

“Karena sering juga kecelakaan justru terjadi akibat kita terlalu percaya pada kaca spion dan lampu sein. Sehingga kendaraan yang berada di titik tertentu tidak terpantau,” ucap Agus.

Namun menoleh ke belakang pun ada tata caranya dari kacamata safety riding. Agus mengatakan, jangan menoleh terlalu lama dan kemudian perhatikan waktu yang tepat, agar motor tidak menabrak objek di depannya.

“Menoleh langsung waktunya jangan terlalu lama, usahakan sekejap saja, hanya memastikan tidak ada kendaraan di area blindspot kita. Hal ini juga berlaku bagi kendaraan roda empat atau lebih,” kata Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com