Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Mulai Ramai Angkut Motor Gratis di Stasiun Kereta Jakarta Gudang

Kompas.com - 04/04/2023, 17:41 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Program angkut motor gratis (Motis) untuk mudik Lebaran 2023 sudah dibuka sejak 1 Maret 2023. Pendaftaran peserta Motis berlangsung hingga 3 Mei 2023.

Motis sendiri diadakan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sejak beberapa tahun terakhir. Adapun jadwal keberangkatan pada 11-15 April 2023 untuk arus mudik dan 29 April hingga 4 Mei 2023 untuk arus balik.

Nantinya motor yang telah didaftarkan akan dikirim secara gratis menggunakan kereta api. Program ini dibuat guna meminimalisir angka kecelakaan dari para pemudik pengendara sepeda motor yang kerap menjadi fenomena yang marak terjadi di musim mudik.

Baca juga: Terlalu Agresif, Aleix Espargaro Tidak Suka Sprint Race

Booth pendaftaran Motis di Stasiun Kereta Jakarta Gudang KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Booth pendaftaran Motis di Stasiun Kereta Jakarta Gudang

Berdasarkan pantauan Kompas.com, Stasiun Kereta Jakarta Gudang, Kampung Bandan, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara saat ini telah mulai disibukan untuk menerima pendaftaran peserta Motis 2023.

Suryadi salah satu calon peserta Motis yang sedang mendaftarkan diri untuk mengirimkan motornya secara gratis ke Kebumen mengatakan jika setiap tahunnya selalu menantikan program ini.

“Saya setiap tahunnya selalu ikut.Harapannya pelayanan lebih cepat prosesnya. Dulu lebih cepat. Hari ini kita kesini daftar tapi nunggu tiga hari ini lagi. Kalau bisa datang hari yang sama kan tidak buang waktu dan tenaga,” kata pria yang tinggal di kawasan Jakarta Kota tersebut kepada Kompas.com, Senin (4/4/2023).

Baca juga: Ban Mobil Bisa Cepat Botak jika Salah Melakukan Rotasi

Suasana pendaftaran Motis di Stasiun Kereta Jakarta Gudang KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Suasana pendaftaran Motis di Stasiun Kereta Jakarta Gudang

Senada dengan hal tersebut, Wiwik yang juga salah satu calon peserta program Motis tengah mengantri untuk mendaftarkan motornya.

Menurut wanita yang tinggal di Jembatan Lima tersebut mengatakan jika tahun ini berbeda dengan program tahun sebelumnya lantaran jumlah kuota motor yang bisa dikirim dibatasi.

“Namun denagan adanya program motis ini sangat membantu sekali. Harapannya semoga sistemnya diperbaiki lagi agar masyarakat lebih mudah lagi,” kata Wiwik kepada Kompas.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com