Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/04/2023, 16:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sport utility vehicle (SUV) terus bergerak menjadi tren. Para pabrikan menangkap hal tersebut dengan menyediakan berbagai model SUV untuk mengisi celah yang ada salah satunya yaitu SUV ringkas.

Di segmen SUV ringkas atau kerap disebut SUV compact cukup banyak pemainnya. Salah satunya ialah Toyota Raize dan Nissan Magnite. Keduanya punya mesin yang juga serupa yaitu jantung 1.000 cc turbo.

Baca juga: Jelang Lebaran, Permintaan Mobil Baru Wuling Meningkat

Tes Nissan Magnite keliling sejumlah ruas tol di Jakarta.Foto: KOMPAS.com/Adityo Wisnu Tes Nissan Magnite keliling sejumlah ruas tol di Jakarta.

Raize turbo meluncur pada akhir April 2021 baru kemudian disusul Raize 1.2 liter sebagai opsi kedua. Sedangkan Magnite lahir lebih dulu di Indonesia yaitu pada Desember 2020.

Kompas.com akan membandingkan kedua mobil tersebut dalam beberapa tulisan. Untuk ulasan pertama Kompas.com akan membahas desain, sebab desain merupakan faktor penting seseorang tertarik dengan mobil.

Berbeda dengan Toyota Raize di Jepang, model yang meluncur di Indonesia mengusung tampilan lebih sporty berkat body kit GR Sport. Bisa dibilang Raize merupakan mobil pertama yang mengusung tampilan GR Sport di Indonesia.

Mesin 1.0L Turbo Toyota Raize GR SportKOMPAS.com/STANLY RAVEL Mesin 1.0L Turbo Toyota Raize GR Sport

Seperti diketahui, tipe GR Sport hadir di luar negeri dan biasanya jadi penanda untuk varian teratas. Selain penggunaan bumper depan-belakang dan side skirt yang berbeda, di luar perbedaan juga datang dari pelek 17 inci berwarna hitam glossy.

Secara keseluruhan tampilan Raize cukup agresif. Tampilan gril depan misalnya, mengusung desain trapesium yang agak mirip dengan bahasa desain Corolla Cross maupun RAV4 yang gagah.

Baca juga: Harga Sewa LSUV buat Mudik Lebaran mulai Rp 3 Jutaan Per 7 Hari

Nissan MagniteKOMPAS.com/Adityo Wisnu Nissan Magnite

Kemudian, lampu depan misalnya sudah mengusung teknologi LED, beserta lampu sein dengan model sequential. Di bawahnya terdapat DRL beserta fog lamp. Tanpa aksesoris krom berlebih, desain Raize terlihat berkelas dan tidak murahan.

Di belakang, mobil ini juga tampak minimalis, hanya ada emblem Raize dan logo GR Sport. Sementara di bagian samping, tersemat juga overfender hitam seperti SUV kebanyakan.

Kemudian, spion memiliki desain yang sama dengan milik Toyota Rush. Tak ketinggalan stiker GR Sport di sisi bawah. Atap Raize varian GR Sport berwarna hitam, menandakan bahwa sebagai varian tertinggi mobil ini mengusung warna two-tone.

Toyota Raize GR. Varian teratas SUV Kompak dengan fitur keselamatan lengkap Toyota Safety SenseKompas.com/Setyo Adi Toyota Raize GR. Varian teratas SUV Kompak dengan fitur keselamatan lengkap Toyota Safety Sense

Adapun untuk antena mengusung model shark fin yang berada di bagian belakang. Baca juga: Toyota Raize Sudah Bisa

Baca juga: Macet karena Pengobatan Alternatif Ida Dayak, Hindari Area Cilodong Depok

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com