Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Truk Buka Pintu Sembarangan, Nyaris Bikin Celaka Pengendara Motor

Kompas.com - 03/04/2023, 14:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu yang mesti diperhatikan saat membuka pintu ialah memerhatikan kondisi belakang. Membuka pintu sembarangan terutama jika mobil sedang berhenti di pinggir jalan bisa berbahaya.

Tak jarang membuka pintu sembarangan dapat menyebabkan kecelakaan terutama pengendara sepeda motor yang sedang melintas.

Baca juga: Daftar Harga LCGC Jelang Lebaran, mulai Rp 134 Juta

Seperti yang terjadi dalam video yang diunggah akun Instagram, Daschcam Owners Indonesia, pengendara sepeda motor yang berboncengan nyaris celaka karena sopir truk membuka pintu sembarangan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

Kejadian ini disbut terjadi di Sentul, Bogor, Jawa Barat. terlihat dalam video sopir truk tidak memperkirakan kondisi jalan di belakang. Sedangkan pengendara motor terlihat tidak memakai helm. Beruntung pengendara motor berhasil menghindar.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, ketika ada kasus pengendara motor menabrak pintu mobil yang terbuka tiba-tiba, pengemudi mobil bisa dituntut tanggung jawab.

"Pertama, parkir atau berhenti itu harus di tempat yang aman. Tidak direkomendasikan untuk parkir di pinggir jalan kecuali kalau darurat dan itu pun harus di luar garis marka jalan," ucap Sony kepada beberapa waktu lalu.

Baca juga: Mulai Dikirim Hari Ini, Berikut Skema Antrean WRX di Indonesia

Posisi kaca spion yang ideal agar bisa berfungsi dengan baik.www.inovasee.com Posisi kaca spion yang ideal agar bisa berfungsi dengan baik.

Kemudian, kalau mau keluar dari kendaraan, pengemudi harus cek spion dan menengok ke arah belakang.

"Cek spion untuk memastikan kondisi aman di belakang, seperti ada motor yang mudah hilang keseimbangan dan cenderung ngebut. Setelah clear (aman) baru buka pintu," kata Sony.

Kebiasaan terburu-buru buka pintu mobil kata Sony, kerap dilakukan dan mengabaikan keselamatan. Padahal, menunggu kondisi lalu lintas aman juga tidak ada ruginya, bahkan terhindar dari celaka.

Training Director The Real Driving Centre (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, jika kurang yakin, pengemudi atau penumpang di mobil bisa melihat langsung ke belakang untuk melihat kondisi sekitar.

Baca juga: Konsumen All New Civic Type R Rela Antre Lama

Ilustrasi buka pintu mobilfacebook Ilustrasi buka pintu mobil

“Sebelum membuka pintu, sebaiknya melihat spion dan menengok ke belakang untuk memaksimalkan area pandang, sebelum membuka pintu kendaraan,” ucap Marcell.

Jika jalannya padat, jangan langsung membuka pintu secara penuh. Pengemudi bisa membuka pintu sedikit demi sedikit guna memastikan kondisi aman.

“Membuka pintu sedikit terlebih dahulu juga bisa membangun kesadaran pengguna jalan lain yang ada di belakang bahwa mobil akan membuka pintu,” kata Marcell.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com