Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Damkar Depok Punya Truk Tangga Sepanjang 25 Meter Buatan Hino

Kompas.com - 03/04/2023, 15:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Kota Depok memiliki kendaraan dinas baru, yakni mobil tangga. Truk buatan Hino ini memiliki tangga yang dapat memanjang hingga 25 meter.

Kepala Bidang (Kabid) Sarana dan Pra Sarana (Sapras) Dinas Damkar Kota Depok Theo, mengatakan, truk tersebut memang diperuntukkan bagi kebakaran yang terjadi di lantai empat ke atas.

Baca juga: Pengemudi Damkar Dilatih Defensive Driving

"Ini Hino, dengan peralatan Morita, rakitan tahun 1999. Tapi, kondisinya masih sangat prima," ujar Theo, saat dihubungi Kompas.com, Senin (3/4/2023).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Info Depok (@infodepok_id)

 

Theo menambahkan, mobil tangga tersebut merupakan hibah dari Pemerintah Jepang. Menurutnya, kelebihan mobil tangga ini adalah sudah memiliki tempat tersendiri untuk peralatan pemadam kebakaran dan penyelamatan.

"Jadi, ini hanya mobil tangga saja. Ketika ada kebakaran, dia akan jalan bersama dengan truk Firedome yang punya tangki 5.000 liter. Nantinya, tinggal disambungkan saja," kata Theo.

Baca juga: Video Petugas Damkar Buka Paksa Kaca Mobil karena Kunci Tertinggal

Mobil tangga buatan Hino ini dimensinya cukup besar. Bahkan, Theo juga menyebutkan banyak bangunan di Kota Depok yang pintunya tidak memenuhi syarat. Sehingga, mobil tangga ini tidak bisa masuk ke dalam.

Mobil tangga sepanjang 25 meter buatan Hino milik Damkar Kota DepokDok. Autolink.co.jp Mobil tangga sepanjang 25 meter buatan Hino milik Damkar Kota Depok

Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok Gandara Budiana, mengatakan, hibah mobil tangga ini akan dimanfaatkan secara optimal untuk mengatasi kebakaran di gedung yang tinggi.

"Mobil tangga pemadam ini sudah lama kita inginkan untuk mengatasi jika terjadi kebakaran di gedung tinggi," kata Gandara, dikutip dari Berita.depok.go.id, Senin (3/4/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com