Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karoseri Tentrem Luncurkan Bus PO Surya Kencana

Kompas.com - 02/04/2023, 13:30 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Karoseri Tentrem kembali luncurkan bus baru, kali ini satu unit bus untuk perusahaan otobus (PO) Surya Kencana.

Bus yang identik dengan kelir biru dengan julukan kuda Kuda Sumbawa tersebut menggunakan bodi Avante H8 Facelift.

Bodi baru ini mempertegas karakter bus PO Surya Kencana sebelumnya yang selalu gagah untuk melintasi jalan di Pulau Nusa Tenggara Barat (NTB).

Bodi Avante H8 Facelift sendiri sama seperti seri sebelumnya yang memiliki keunggulan bagasi dengan dimensi bagasi yang luas. Bahkan, bagasi pada tipe bodi bus ini bisa mengangkut sepeda motor.

Baca juga: Karoseri Adiputro Luncurkan Medium Bus Baru Milik PO Kerub

Kemudian, pada bagian depan juga masih mempertahankan ciri khas Avante yang menggunakan kaca jenong model double glass.

Kaca bagian atas dibuat lebar dan tampak jenong guna memberikan pandangan yang baik bagi penumpang dalam kabin. Sementara itu, bus ditopang oleh sasis dari Hino R260 dengan dapur pacu J08E Engine.

Tidak lupa, bodi samping bus ini juga tetap berhiaskan gambar dua ekor kuda berwarna hitam yang seolah sedang berlari. Gambar kuda ini merupakan DNA yang selalu disematkan pada bus PO Surya Kencana.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by PT Tentrem Sejahtera (@tentrembusofficial)


Pindah ke bagian dalam bus, kabin hadir dengan interior bertemakan semi retro di beberapa bagian. Desain ini justru mengingatkan tampilan bus di era 90an atau awal 2000 an.

Misalnya di era tren dashboard yang hadir dengan head unit sistem digital, bus ini justru menggunakan jenis head manual.

Kemudian, bagian retro lainnya, pada lantai bus dilapisi dengan karpet berwarna merah bukan PVC seperti yang banyak digunakan bus saat ini.

Baca juga: Daftar Harga Oli Skutik April 2023, Castrol, Evalube dan Shell Turun Harga

Agar penumpang lebih nyaman, bus menggunakan kursi penumpang tipe recliner dengan konfigurasi dua kanan dua kiri.

Kursi tipe ini memiliki sandaran kaki yang memungkinkan penumpang untuk merentankan kakinya selama perjalanan. Tidak hanya itu, agar penumpang lebih nyaman, bus juga dilengkapi dengan satu unit televisi dan juga toilet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com