Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/03/2023, 17:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sasis bus merupakan aspek paling penting dalam kinerja bus, baik itu layananan bus kota, bus pariwisata atau bus antarkota antarprovinsi (AKAP).

Di Indonesia sendiri berbagai pabrikan sasis bus terus meluncurkan produk terbaik untuk menguasai pasar.

Sopir bus menjadi salah satu peran yang penting dimana dapat merasakan perbedaan dari setiap merek sasis bus.

Bahkan, sopir bus yang sudah punya jam terbang yang tinggi bisa mengetahui keunggulan dan kekurangan dari satu merek sasis bus dengan merek yang lainnya. Oleh karena itu, biasanya setiap sopir bus punya merek sasis bus favorit.

Baca juga: Toyota bZ4X Cuma Dipajang di Bangkok Motor Show 2023, Sudah Sold Out

Dodo salah satu Sopir bus AKAP dari PO. Luragung Termuda mengatakan jika dirinya lebih suka menggunakan sasis bus Eropa.

“Kalau merek lebih suka Mercedes Benz. Suspensinya bagus. Apalagi yang bentuknya balon, itu empuk. Jadi bantingannya tidak goyang karena lentur. Kalau sekarang ini lagi pakai bus dengan sasis Hino,” kata kepada Kompas.com saat ditemui di Terminal Baranangsiang, Bogor, Jumat (24/3/2023).

Lebih lanjut, menurut sopir bus untuk rute Kuningan-Cirebon tersebut mengatakan jika saat menggunakan bus dengan sasis Mercedes Benz tidak akan terasa benturannya saat melintasi jalan dengan medan yang tidak rata.

Dodo, Sopir bus PO Luragung Termuda KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Dodo, Sopir bus PO Luragung Termuda

“Untuk kelas bus AKAP menurut saya paling bagus Mercedes Benz. Kalau kelas bus malam baru banyak yang suka pakai sasis Scania karena cocok untuk model double decker,” kata Dodo.

Baca juga: Gesits Klaim Punya 70 Diler Purnajual Motor Listrik

Hal senada juga dikatakan oleh salah satu sopir bus AKAP dari PO Raya yang menganggap sasis bus Eropa lebih nyaman digunakan.

“Kalau ditanya mana sasis bus yang enak digunakan saya lebih nyaman pakai bus dengan sasis Mercedes Benz. Sasis buatan Eropa lainnya yaitu Volvo dan juga Scania juga nyaman,” kata sopir PO Raya Tersebut kepada Kompas.com, Kamis (24/3/2023)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com