Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuti Bersama, Jalur Puncak Berlaku Ganjil Genap Hingga 26 Maret 2023

Kompas.com - 21/03/2023, 18:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Polres Bogor memberlakukan pembatasan mobilitas masyarakat melalui sistem ganjil genap di jalur menuju Puncak saat libur Hari Raya Nyepi dan cuti bersama pada pekan ini.

Penerapan pembatasan tersebut, dilakukan mulai 21-26 Maret 2023, sebagai upaya untuk menekan kepadatan lalu lintas. Mengingat Puncak masih menjadi salah satu tempat wisata favorit di Jabodetabek.

“Hari ini satu hari sebelum libur nasional (Nyepi), kemudian di hari Kamis itu masih cuti bersama, hari Jumat juga satu hari menjelang weekend," kata KBO Satlantas Polres Bogor, Iptu Ardian Novianto dalam keterangannya, Selasa (21/3/2023).

Baca juga: Pemprov DKI Siapkan 482 Bus buat Mudik Gratis, Layani ke 6 Provinsi

"Jadi dari sore ini hingga Minggu pagi kita lakukan sistem ganjil genap,” lanjut dia.

Menurut Ardian, khusus pada hari Jumat pemberlakukan sistem ganjil genap masih akan menyesuaikan volume kendaraan. Pasalnya, sudah masuk bulan Ramadan dan biasanya lalu lintas tidak terlalu ramai.

“Kalau kendaraannya sepi enggak kita lakukan ganjil genap,” ujarnya.

Baca juga: Apa Beda Sanksi Tilang Pengemudi Mobil dan Pengendara Motor?

Kendati begitu, Ardian mengungkapkan untuk volume kendaraan di Jalur Puncak sejak kemarin terdapat peningkatan. Kondisi ini diperkirakan terus terjadi hingga puasa.

“Kemarin banyak masyarakat yang mengadakan pertemuan sebelum Ramadan, lalin sempat meningkat dibandingkan hari biasa. Anak sekolah juga libur kan menjelang bulan puasa, jadi prediksi kami kepadatan akan meningkat,” tukasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com