Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Hanya 15 Mobil di Indonesia yang Dapat Rating 5 Bintang ASEAN NCAP, Ini Daftarnya | 3 Cara Sederhana Bikin Maling Motor Batal Beraksi

Kompas.com - 20/03/2023, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - ASEAN New Car Assessment Program atau ASEAN NCAP, menguji dan memberikan rating keselamatan mobil-mobil yang dijual di wilayah Asia Tenggara termasuk mobil yang dijual di Indonesia.

Adrianto Sugiarto Wiyono, ASEAN NCAP Technical Committee, mengatakan, saat ini cukup banyak mobil yang dipasarkan di Indonesia memiliki rating lima bintang yaitu predikat mobil dengan nilai keselamatan paling tinggi.

Selain itu, Kasubdit Ranmor Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kompol Yuliansyah, mengatakan, tidak ada biaya sepeser pun bagi para korban pencurian.

Kompol Yuliansyah, mengatakan korban pencurian mobil atau sepeda motor jangan ragu untuk melapor ke polisi. Apalagi ada kesan bahwa dengan melapor korban harus mengeluarkan biaya tambahan.

Baca juga: Bukan Dikunci Setang, Ini Alasan Roda Mobil Perlu Dibelokkan Saat Parkir

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Minggu, 19 Maret 2023 :

1. Hanya 15 Mobil di Indonesia yang Dapat Rating 5 Bintang ASEAN NCAP, Ini Daftarnya

"Nah, ini data dari NCAP dari 2020-2023 itu mobil yang dipasarkan di Indonesia dan diuji di ASEAN yang dapat 5 bintang ada 15 mobil, dan yang 4 bintang hanya 1 sampai hari ini," kata Rian di acara Vehicle Safety Course di Politeknik APP Jakarta, Kamis (16/3/2023).

Dari data tersebut, Rian mengatakan sebetulnya para manufaktur alias produsen mobil cukup agresif untuk terus meningkatkan fitur keselamatan yang dijual untuk umum.

 

Baca juga: Hanya 15 Mobil di Indonesia yang Dapat Rating 5 Bintang ASEAN NCAP, Ini Daftarnya

2. 3 Cara Sederhana Bikin Maling Motor Batal Beraksi

Tersangka maling motor dan barang bukti motor yang disita Polsek Kenjeran, Surabaya. SURYA.co.id/M Zainuddin Tersangka maling motor dan barang bukti motor yang disita Polsek Kenjeran, Surabaya.

"Siapa pun itu, kapan pun, dimana pun, apabila merasa kehilangan ataupun menjadi korban kejahatan pasti tentunya akan kita tindak lanjuti. Tanpa ada embel-embel apa pun," kata Kompol Yuliansyah dilansir dari akun TikTok Ditreskrimum PMJ, Minggu (19/3/2023).

Namun sebelum kejadian pemilik mesti memerhatikan kendaraannya. Terutama sepeda motor, sebab motor merupakan barang yang paling banyak diincar maling karena relatif mudah dibobol.

Secanggih apapun teknologi yang diberikan pabrikan motor tetap tak bisa menjamin seratus persen anti maling. Apalagi maling punya seribu satu cara untuk mendapat motor incaran.

 

Baca juga: 3 Cara Sederhana Bikin Maling Motor Batal Beraksi

3. Dosen UI Ditendang Saat Naik Motor, Ini Ancaman Pidana Pelaku

Pengemudi sepeda motor tewas di tempat usai terlibat kecelakaan dengan bajaj di Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Minggu (27/3/2022).Dok. TMC Polda Metro Jaya Pengemudi sepeda motor tewas di tempat usai terlibat kecelakaan dengan bajaj di Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Minggu (27/3/2022).

Dr Basari, dosen Universitas Indonesia mengalami kecelakaan di kawasan Graha Permata Ibu (GPI), Depok, Jawa Barat, karena motornya ditendang oleh orang tidak dikenal.

Basari menjelaskan, motornya ditendang di pertigaan GPI setelah sebelumnya dia menyalip motor pelaku yang mengendarai Honda PCX. Disinyalir pelaku tak terima motornya disalip oleh sang dosen.

Baca juga: Dosen UI Ditendang Saat Naik Motor, Ini Ancaman Pidana Pelaku

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com