Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Bus di Indonesia Tembus 257.435 Unit, di Jawa Terbanyak

Kompas.com - 19/03/2023, 14:21 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bus hingga saat ini masih menjadi menjadi salah satu moda transportasi di yang digunakan oleh banyak masyarakat Indonesia. Bahkan, jumlah perusahaan otobus (PO) yang bermain di bisnis terus menggeliat

Menyambut mudik Lebaran 2023, berbagai PO terus bersaing ketat untuk menarik minat pelanggan.

Tidak hanya itu, untuk memperkuat bisnis, para PO kerap menambah unit bus untuk memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang saat musim mudik.

Baca juga: Oli Mesin Cepat Mengental, Ternyata Ada Aturan Khusus

Biasanya, pihak karoseri akan kebanjiran pesanan jelang musim mudik untuk merakit bus pariwisata, bus AKAP, bus kota dan bus untuk kebutuhan dari perusahaan atau institusi.

Secara jumlah, dari seluruh Indonesia total kepemilikan bus tercatat 257.435 unit. Total bus tersebut tercantum pada data kendaraan per pulau yang diterbitkan oleh laman korlantas.polri.go.id, Sabtu (14/3/2023).

Bus AKAP di Terminal Terpadu Pulo GebangKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Bus AKAP di Terminal Terpadu Pulo Gebang

Adapun torehan tersebut berdasarkan hasil akumulasi kepemilikan bus dari kedelapan pulau di Indonesia yaitu Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, Papua, Maluku dan Maluku Utara.

Jika melihat ke catatan dari data yang sama pada Senin 13 Februari 2023, total kepemilikan bus di Indonesia adalah 213.830 unit. Artinya ada peningkatan sekitar 20 persen untuk jumlah bus di Indonesia saat ini.

Baca juga: Bus Listrik Buatan Foxconn dan Indika Energy Bakal Diproduksi di Indonesia

Dari data tersebut, Pulau Jawa masih menjadi pulau paling banyak menyumbang jumlah bus yaitu 1 142.573 unit. Kemudian Sumatera menjadi pulau dengan jumlah bus terbanyak kedua yakni 68.836 unit.

Pulau Bali menjadi wilayah ketiga dengan bus terbanyak yaitu 15.100 unit. Kalimantan menjadi wilayah terbanyak dengan populasi bus yakni 13.657 unit.

Sementara itu, Pulau Maluku dan Maluku Utara menjadi wilayah paling sedikit jumlah bus yaitu 643 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com