Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuota Habis, Kemenhub Tutup Pendaftaran Mudik Gratis 2023

Kompas.com - 16/03/2023, 09:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Baru dibuka selama satu haru, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) langsung menutup pendaftaran mudik gratis Lebaran 2023.

Pasalnya, program yang diberikan untuk memudahkan masyarakat merayakan Lebaran di kampung halaman ini telah penuh, alias sebanyak 24.000 kuota yang disediakan sudah ludes terpesan.

Adapun kabar ditutupnya pendaftaran langsung diinformasikan melalui akun media sosial Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub.

Baca juga: Dibuka Hari Ini, Cek Syarat Daftar dan Tujuan Mudik Gratis Kemenhub

"Kali ini Mindat harus memberi informasi dengan berat hati bahwa kuota Mudik Gratis telah habis hanya dalam waktu kurang dari 24 jam," tulis akun @ditjen_hubdat.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Ditjen Perhubungan Darat (@ditjen_hubdat)

Seperti diketahui, untuk tahun ini Kemenhub menyediakan 585 unit bus untuk melayani masyarakat yang akan pulang kampung dalam program mudik gratis dengan kuota 24.072 orang.

Jumlah bus tersebut dibagi dua, untuk kebutuhan arus mudik disediakan 459 unit bus. Sementara pada arus balik ada 126 unit bus.

Tak hanya itu, Kemenhub juga menyediakan 30 unit truk untuk mengangkut 900 unit sepeda motor para pemudik agar bisa tetap melakukan mobilitas di kampung halaman dan guna menghindari potensi kecelakaan.

Baca juga: Cegah Kecelakaan, Menhub Imbau Masyarakat Tak Mudik Menggunakan Motor

Terparkir dan Padat di Jalan Ahmad Yani Bus yang Siap Membawa Pemudik.Dok Istimewa Terparkir dan Padat di Jalan Ahmad Yani Bus yang Siap Membawa Pemudik.

Sebelumnya Kemenhub juga sudah memberikan informasi, pendaftaran mudik gratis dibuka dari 13 Maret hingga 14 April 2022, atau saat kuotanya sudah habis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com