Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Kabar Rencana Mitsubishi Xpander Hybrid di Indonesia?

Kompas.com - 14/03/2023, 07:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sejumlah APM mulai memasarkan mobil-mobil hybrid dalam rangka menjawab tren elektrifikasi yang sudah berada di depan mata. Seperti Mitsubishi yang tengah mempertimbangkan peluncuran Xpander Hybrid.

Amiruddin, General Manager of Sales & Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), mengatakan, kabar kehadiran Xpander Hybrid begitu cepat beredar. Padahal di lain sisi mobil ini diakui masih dalam tahap pengembangan.

“Untuk Xpander Hybrid, memang untuk develop suatu produk butuh proses dan waktu. Kami sedang mencoba berdiskusi dengan prinsipal mengenai hybrid itu,” ujar Amiruddin di Jakarta (13/3/2023).

Baca juga: Motor Ringkas Harley-Davidson X350 Resmi Meluncur, Harga Rp 70 Jutaan

Mitsubishi Xpander Hybrid muncul dalam rencana jangka menengah MMC di kawasan ASEAN.MMC Mitsubishi Xpander Hybrid muncul dalam rencana jangka menengah MMC di kawasan ASEAN.

“Cepat banget informasinya sampai kami bingung. Kami belum punya blue print untuk itu, semua informasi mengenai mobil itu masih dalam tahapan studi,” kata dia.

Sebagai informasi, kabar kehadiran Xpander Hybrid pertama kali diketahui dalam presentasi Mitsubishi Motor Corporation (MMC) mengenai rencana bisnis jangka menengah di pasar Asia Tenggara.

Disebutkan bahwa Xpander Hybrid akan meluncur pada 2023. Model ini tidak hanya akan diproduksi di Indonesia, tapi juga akan diekspor ke mancanegara.

Baca juga: Mitsubishi Optimistis SUV Anyar Pesaing HR-V dan Creta Laris di Sumatera

Kemudian, dalam pertemuan antara Menteri Perindustrian dengan pihak prinsipal Jepang pada tahun 2021, yang salah satunya adalah Mitsubishi, juga disebutkan beberapa rencana di Indonesia.

Antara lain soal peluncuran Xpander Hybrid dan dua model baru. Kemudian soal investasi Mitsubishi di Indonesia sebesar Rp 7,1 triliun, dan tambahan investasi baru Rp 11,2 triliun sampai 2024.

“Setelah 2023, MMC akan fokus memproduksi model mobil jenis xEV yang terdiri dari model Xpander dan Pajero Sport," ucap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, usai pertemuan bersama MMC di Jepang ketika itu.

"Selain itu, MMC juga akan memproduksi dua model kendaraan baru Electric Vehicle (EV) mulai 2024,” kata Airlangga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com