Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Kembangkan Teknologi Airbag untuk Motor

Kompas.com - 06/03/2023, 19:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Airbag merupakan peranti keselamatan yang jamak ditemui di mobil. Bahkan zaman sekarang, sudah ada airbag di beberapa titik kendaraan, bukan cuma di setir saja.

Tapi untuk motor, tampaknya ide dipasangnya airbag berhenti ketika Honda menerapkannya di Honda Gold Wing lansiran 2006. Saat itu, Honda memasang airbag di bagian depan, modelnya mirip dengan yang ada di kabin mobil.

Tapi, airbag tersebut cuma efektif ketika motor menabrak sesuatu. Sedangkan kalau ditabrak dari samping, belakang, atau bahkan terjatuh, tampaknya airbag tidak akan melindungi dengan maksimal.

Baca juga: Honda Kembali Umumkan Recall Sejumlah Kendaraan Terkait Inflator Airbag

Airbag pada Honda GoldWingKOMPAS.com/Gilang Airbag pada Honda GoldWing

Dikutip dari Bennetts.co.uk, Honda sekarang kembali mengembangkan airbag untuk motor yang manfaat keselamatannya mirip dengan yang ada di mobil. Jadi lebih mengurangi risiko cedera ketika alami kecelakaan.

Honda sedang melampirkan beberapa paten aplikasi dari airbag yang ada di motor tersebut. Inti konsepnya adalah airbag yang ada di dalam bangku tapi 'membungkus' pengendara ketika alami tabrakan atau kecelakaan dan terlepas dari joknya.

Ada beberapa desain airbag yang dipatenkan, tergantung posisi airbag di dalam bangku. Pertama ada yang di bagian depan, lalu ada juga yang di tengah, 'membungkus' atau melindungi pengendara dari belakang.

Baca juga: Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner Bekas Seharga LCGC

Ide airbag di motor dari HondaBENNETTS.co.uk Ide airbag di motor dari Honda

Memang bentuknya bermacam-macam, tapi fungsinya tetap satu, yaitu melindungi bagian vital pengendara. Misal seperti melindungi dada sampai ke tangan, dan airbag ini lepas dari jok, jadi pengendara tidak tersangkut ke motor.

Ada beberapa keuntungan dari model airbag seperti ini, tentunya bisa melindungi pengendara dari berbagai skenario kecelakaan, bukan tabrak depan.

Artinya, diperlukan peledak di bagian dalam jok, seperti airbag yang terpasang di mobil. Peledak ringan ini berfungsi untuk mengembangkan balon udara yang melindungi pengendara sebelum terbentur benda yang keras.

Perlu diingat, adanya paten belum tentu akan hadir di motor porduksi. Tapi dari banyaknya gambar paten yang dibawa Honda, menampilkan kalau Honda memang serius menggarap perihal keselamatan pengendara.

Apalagi Honda punya target zero traffic collision di 2050, termasuk di kendaraan roda dua. Tentu saja ide airbag di jok motor ini jadi hal yang berharga menuju goal tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com