Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sulap Kabin Fortuner Jadi VIP Lounge, Siapkan Dana Rp 150 Juta

Kompas.com - 24/02/2023, 06:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023, yang dihelat di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, hingga 26 Februari 2023, tidak hanya menyajikan deretan produk mobil dan motor baru.

Namun juga menampilkan deretan mobil yang sudah dimodifikasi baik pada sisi eksterior maupun interior.

Bagi Anda yang menginginkan nuansa kabin lebih nyaman dan mewah, konsumen bisa melirik modifikasi yang dilakukan oleh Baze.

Baze menampilkan ubahan Toyota Fortuner menjadi serasa Alphard dengan jok captain seat. Hal ini cukup menarik, sebab Fortuner merupakan mobil di segmen sport utility vehicle (SUV) yang terkenal tangguh tapi bisa dibikin mewah tanpa menghilangkan kapabilitasnya di medan offroad.

Baca juga: Sudah Ada 282 Motor Listrik yang Lolos Uji Tipe

Secara keseluruhan, tampilan eksterior mobil ini masih mirip dengan Fortuner versi standar. Hanya saja, pada bagian interior, terutama di baris kedua mendapat ubahan masif.

Modifikasi interior BazeKompas.com/Nanda Modifikasi interior Baze

Baze membuat baris kedua Fortuner terlihat begitu mewah dengan jok captain seat dibalut bahan kulit, serta menghilangkan kursi di baris ketiga. Sehingga, mobil ini hanya diperuntukkan untuk dua penumpang saja.

Aziz Firmansyah, Marketing Communication PT Bahana Selaras (Baze) menjelaskan, deretan ubahan yang dilakukan oleh Baze di Toyota Fortuner untuk mendapatkan kesan VIP lounge.

“Pertama itu penggantian jok belakang menjadi jok elektrik dengan bungkus kulit. Kemudian kita cover ulang doortrim, tambah gorden, karpet, coolbox, wireless charging,” ucap Aziz, Kamis (23/2/2023).

Modifikasi interior BazeKompas.com/Nanda Modifikasi interior Baze

“Bagian jok depan juga sudah di cover ulang, dengan penambahan meja lipat di bagian belakang jok depan, dan ada penambahan hanger serta kompartemen minimalis di bagian belakang,” lanjutnya.

Aziz mengatakan, untuk modifikasi mobil seperti ini disarankan untuk menggunakan basis mobil seperti Toyota Fortuner, Toyota Kijang Innova dan Mitsubishi Pajero.

Namun, bukan berarti model atau merek lain tidak bisa dimodifikasi seperti ini. Hal itu bisa saja dilakukan dengan diskusi terlebih dahulu.

“Paling minim (modifikasi VIP Lounge) itu pakai basis Toyota Fortuner, Kijang Innova, Mitsubishi Pajero. Untuk kendaraan lain, bisa didiskusikan terlebih dahulu,” kata Aziz.

Modifikasi interior BazeKompas.com/Nanda Modifikasi interior Baze

Baca juga: Harga Naik Rp 5 Juta, Kemenperin Harap LCGC Masih di Bawah Rp 200 Juta

Adapun waktu yang dibutuhkan untuk memodifikasi interior ini adalah 1 bulan, dengan kisaran biaya yang tidak murah, yakni Rp 150 jutaan.

“Pengerjaannya satu bulan. Untuk biayanya Rp 150 juta, atau tergantung untuk ubahannya apa saja,” kata Aziz.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com