Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah 30.000 Unit Lebih Motor Listrik Mengaspal di Indonesia

Kompas.com - 23/02/2023, 19:11 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Cepat atau lambat motor listrik dipercaya bakal jadi tren di Indonesia. Pertumbuhan motor listrik cukup pesat, hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya merek motor listrik saat ini yang ada di pasar.

Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia (Aismoli) Budi Setiyadi, mengatakan, dari data Kementerian Perindustrian saat ini ada 53 pabrikan motor listrik yang terdaftar sebagai Agen Pemegang Merek (APM) kendaraan listrik.

Baca juga: All New Lexus RX Lulus Diuji di Jalanan Indonesia

Viar resmi meluncurkan motor listrik baru Viar N1 dan N2. Foto: Viar Viar resmi meluncurkan motor listrik baru Viar N1 dan N2.

“Tahun 2019 ada 9 pabrikan motor listrik yang terdaftar di Asosiasi dan penjualan jumlah sepeda motor listrik dari 2019 sampai dengan 2022 lebih dari 30.837 unit," kata Budi, Kamis (23/2/2023).

Budi mengatakan, angka tersebut menunjukkan bahwa pertumbuhan penjualan memang masih kecil, akan tetapi angka pertumbuhan pabrikan yang ada dan tipe yang dijual saat ini sudah terbilang tinggi.

"Sampai saat ini tercatat ada 52 pabrikan dan 282 tipe yang ada,” kata Budi.

Budi mengatakan, keberadaan motor listrik ini masih belum mendapatkan apresiasi yang positif dari pasar. Ada sejumlah hambatan yang membuat motor listrik belum dapat diterima di masyarakat secara maksimal.

Baca juga: Hyundai Creta Diskon Rp 40 Juta

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita melakukan kunjungan kerja di ke PT Triangle Motorindo atau VIAR Motor di Semarang, Jawa Tengah, Jumat (14/10/2022).Foto: Viar Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita melakukan kunjungan kerja di ke PT Triangle Motorindo atau VIAR Motor di Semarang, Jawa Tengah, Jumat (14/10/2022).

Padahal kata Budi, industri kendaraan roda dua berbasis baterai terus diakselerasi oleh pemerintah. Pada 2025 pemerintah bahkan menargetkan dua juta unit motor listrik akan mengaspal di Tanah Air.

"Bila dibandingkan dengan negara lain, industri kendaraan listrik mendapat dukungan yang besar dari pemerintah sehingga pemerintah saat ini perlu banyak melakukan koordinasi untuk mempercepat pembentukan ekosistem ini," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com