Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asosiasi Motor Listrik Resmi Terbentuk, Ini Merek yang Terdaftar

Kompas.com - 23/02/2023, 19:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Saat ini semakin banyaknya merek otomotif yang meluncurkan dan memperkenalkan produk terbarunya. Hal ini seiring dengan perkebangan industri kendaraan bermotor listrik berbasis baterai di Indonesia.

Sebagai wadah yang menaungi merek-merek motor listrik di Indonesia, dibentuklah Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia (Aismoli).

Budi Setiyadi, Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia (Aismoli), mengatakan, Aismoli adalah Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia yang terbentuk sekitar 5 tahun yang lalu. Namun kepengurusan baru, baru saja kita bentuk sekitar satu minggu lalu.

Baca juga: Keroyok Honda HR-V!

Merebaknya motor listrik ini jadi pedang bermata dua. Tak sedikit terlihat motor listrik yang tidak memakai pelat nomor. KOMPAS.com/Gilang Merebaknya motor listrik ini jadi pedang bermata dua. Tak sedikit terlihat motor listrik yang tidak memakai pelat nomor.

Budi mengatakan, ketika menjabat sebagai Dirjen Perhubungan Darat, dirinya sering mengundang asosiasi atau pabrikan motor listrik, yang mana ketika tahun 2019 hanya sebanyak 9 pabrikan.

“Kemudian dari 9 inilah yang kemudian membentuk asosiasi yang kemudian menjadi Aismoli. 9 itu di antaranya ada Viar, Selis, United, dan lain sebagainya,” ujar Budi di JIExpo, Kemayoran, Jakarta (23/2/2023).

“Sekarang yang terdaftar sudah mengajukan SUT di Indonesia, akhirnya sudah membuat tipe dan dijual ke masyarakat ada sekitar 52 pabrikan atau APM. Artinya pertumbuhan itu cukup tinggi sekali,” kata dia.

Baca juga: Penampilan Joan Mir 2023, Reinkarnasi Valentino Rossi

Budi juga menjelaskan perbedaan Aismoli dengan Periklindo (Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia). Menurutnya, Aismoli bakal lebih fokus pada merek-merek motor listrik, sementara Periklindo adalah asosiasi mobil listrik.

Pada saat ini ada 9 anggota APM yang terdaftar di Aismoli, yakni Volta, Viar, Selis, Magnum, Jarvis, Tomara, Polytron, United dan Smoot.

Beberapa brand yang baru saja bergabung di dalam Aismoli, yakni Alva, HTM & Zero Motorcycles. Adapun Bengkel Konversi yang tergabung Elders Garage dan Bintang Racing Team (BRT).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com