Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penampilan Joan Mir 2023, Reinkarnasi Valentino Rossi

Kompas.com - 23/02/2023, 08:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap Repsol Honda Joan Mir menunjukkan livery motor untuk musim balap 2023. Pebalap asal Spanyol itu juga tampil pertama kali menggunakan seragam pakaian balap bersama Honda.

Hal menarik dari penampilan Mir ialah motor dan pakaian balap serta helmnya yang dianggap mirip dengan Valentino Rossi. Ya, Rossi pernah membela Repsol Honda terakhir pada 2003, tepatnya 20 tahun yang lalu.

Baca juga: Kemenperin Berencana Pakai bZ4X untuk Kendaraan Dinas

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MotoGP™ (@motogp)

Kemiripan motor Mir dengan Rossi ialah adanya aksen kuning stabilo di beberapa titik. Meski warna kuningnya tidak sama persis, warna kuning di nomor #36 meningkatkan warna kuning milik Rossi.

Kemiripan lainnya ialah fakta bahwa Mir memakai pakaian balap dari merek Dainese dan helm AGV. Dua merek apparel terkenal yang juga digunakan pebalap asal Tavulia, Italia tersebut.

Pakaian balap Mir mengingatkan dengan era kejayaan Rossi di Honda karena memakai sepatu dan sliding pad warna kuning yang merupakan warna khas yang dipakai Rossi.

Kemudian helm AGV Pista GP-RR yang digunakan Mir juga sedikit mengingatkan Rossi. Helm Mir bercorak kuning dengan latar belakang hitam. Berbeda saat di Suzuki Ecstar yang pakai dasar biru menyesuaikan motor Suzuki GSX-RR.

Baca juga: BERITA FOTO: PCX Electric Dipajang di IIMS 2023

Pebalap Repsol Honda Joan Mir menunjukkan livery motor untuk musim balap 2023. Foto: Repsol Honda Pebalap Repsol Honda Joan Mir menunjukkan livery motor untuk musim balap 2023.

Honda sebenarnya bukan tim baru bagi Mir. Pebalap asal Spanyol itu sebelumnya pernah berlomba dengan motor Honda di kelas Moto3, dilanjutkan dengan bergabung di tim satelit Honda Marc VDS pada ajang Moto2.

Namun di kelas premier Honda belum bisa memberikan tim pabrikan untuk Mir dan hanya menawarkan tempat di tim satelit. Mir kemudian memilih untuk bergabung dengan tim pabrikan Suzuki di MotoGP sejak 2019 hingga 2022.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com