Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rakata Gandeng DCI Siapkan Stasiun Swap Baterai

Kompas.com - 18/02/2023, 14:41 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com – Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIIMS) 2023 tengah berlangsung di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Selama 16 - 26 Februari 2023, IIMS 2023 menyajikan berbagai rangkaian acara menarik yang memanjakan para pecinta otomotif.

Rakata Motorcycle yang turut meramaikan booth IIMS 2023 mengumumkan jika melakukan kolaborasi dengan perusahaan manufaktur komponen otomotif Dharma Controlcable Indonesia (DCI) untuk mengembangkan sistem tukar baterai atau swap baterai

Baca juga: Alasan Tampang Motor Listrik Gesits Raya Lebih Ramping

Lewat kerjasama ini akan ditargetkan lokasi penukaran baterai tersebar di seluruh wilayah Jakarta dan selanjutnya secara bertahap di semua kota besar di Indonesia.

Eko Maryanto, Presiden Direktur PT Dharma Controlcable Indonesia mengatakan jika optimistis kerjasama ini akan meningkatkan daya beli kendaraan listrik.

"Dengan adanya kerjasama ini, kami optimis akan meningkatkan minat masyarakat untuk membeli kendaraan listrik yang ramah lingkungan karena berkendara motor listrik menjadi semakin nyaman,” kata Eko di sela-sela acara IIMS 2023, Sabtu (18/2/2023).

Prototype Stasiun Swab Baterai Rakata dan DCI KOMPAS.com/ Janlika Putri Prototype Stasiun Swab Baterai Rakata dan DCI

Kedepannya, Eko mengatakan jika DCI selaku perusahaan nasional di bidang otomotif tidak hanya di stasiun penukaran baterai saja, hal ini karena DCI juga telah memproduksi Lithium Battery Pack terutama type Lithium NMC 811 yang merupakan teknologi baterai terkini.

Tahun 2023 merupakan tahun kelima setelah diterbitkannya Perpres no 55 tahun 2019 mengenai kendaraan listrik. Selama 4 tahun ini peningkatan penjualan kendaraan listrik terus meningkat, tercatat penjualan tahun 2022 mencapai 28 ribu unit.

Baca juga: Inspirasi Modifikasi Interior Mewah yang Bikin Nyaman Perjalanan

Akan tetapi, pertumbuhan penjualan motor listrik masih terkendala infrastruktur pengisian baterai. Maka dari itu, pada kesempatan yang sama, Direktur Rakata Motorcycle Michael Mahendra mengatakan jika kerjasama ini merupakan batu loncatan yang penting bagi Rakata dalam ekosistem kendaraan listrik.

"Kerjasama ini merupakan batu loncatan yang penting bagi Rakata Motorcycle dalam mencapai visi untuk memproduksi motor listrik dengan TKDN tinggi" kata Michael.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com