Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Tampang Motor Listrik Gesits Raya Lebih Ramping

Kompas.com - 18/02/2023, 13:42 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gesits Raya akhirnya meluncur di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023. Motor listrik yang rencana awal bakal meluncur pada akhir 2021 itu punya tampilan mirip-mirip dengan Gesits G1.

Perbedaan Gesits Raya yakni memakai setang telanjang dan spedometer terbuka ala Honda Beat Street. Kemudian perbedaan lain ialah detail pada bodi dan juga behel belakang model tanduk.

Baca juga: Motor Listrik United E3, Prototipe Kolaborasi Indonesia dan Korsel

Motor listrik Gesits di IIMS 2023KOMPAS.com - Dio Motor listrik Gesits di IIMS 2023

Karena eksteriornya mirip dengan Gesits G1, maka Raya tampak seperti pelebaran varian dan bukan model baru. Walaupun di bagian teknis juga berubah, yaitu mengusung baterai yang beda dengan G1.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Utama WIMA selaku manufaktur Gesits, Bernardi Djumiril, mengatakan, desain Raya dibuat untuk mengakomodir semua kalangan yang kalau diperhatikan lebih kompak.

"Sekarang itu milenial, kami mencoba mendesain Gesits ramping, spedometernya juga tidak besar. Lebih kompak dan lihat untuk aktivitas sehari-hari baik itu untuk muda, ibu rumah tangga dan profesional. Hampir segala umur," kata Bernardi di JIExpo, Jumat (17/2/2023).

Baca juga: IMI Kukuhkan Presiden Jokowi Jadi Bapak Otomotif Indonesia

Motor Listrik Gesits di IIMS 2023KOMPAS.com - Dio Motor Listrik Gesits di IIMS 2023

Bernardi mengatakan, hal yang mesti dilihat ialah Gesits terus berevolusi membuat inovasi baru. Bukan hanya eksterior namun juga bagian teknis, termasuk meningkatkan unsur kandungan lokal.

"Kalau namanya inovasi ini yang pertama yang dibanggakan ialah motor karya anak bangsa. Kemudian unsur TKDN sudah tinggi," kata dia.

"Mungkin (ke depan) yang seperti dipikirkan ini pakai ban pacul, motocross itu perlahan sebab kita yang penting ialah meramaikan ekosistem motor listrik di Indonesia," ungkap Bernardi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com