Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modifikasi Hedon Chrysler 300c Bergaya VIP

Kompas.com - 13/02/2023, 16:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Chrysler 300c merupakan salah satu sedan premium asal Amerika Serikat. Mobil ini hadir dengan karakter mewah khas negeri Paman Sam dengan berbagai fitur canggih di kelasnya.

Meski sudah dibekali dengan karakter sedan luxury, namun ternyata masih ada saja pemilik yang ingin memodifikasi tampilannya agar terlihat lebih agresif dan berbeda dari yang lainnya.

Pria bernama Raindy Iga Sukmawan, pemilik Chrysler 300c lansiran 2013 ini mengaku sengaja melakukan modifikasi, lantaran mobil tersebut terbilang jarang dilakukan oleh modifikator di Indonesia. Mengingat populasi mobil ini juga terbilang langka di Tanah Air.

Baca juga: Suzuki Luncurkan Sedan Murah, Harga Rp 100 Jutaan

“Memang sengaja dibeli untuk dimodifikasi, karena notabennya pada saat itu di Indonesia tidak ada modifikasi Chrysler se-ekstrem itu. Jadi kita kasih warna baru lah modifikasi di Indonesia,” ucap pria yang akrab disapa Raindy, saat ditemui Kompas.com di kawasan BSD beberapa waktu lalu.

Chrysler 300c Dok pribadi Randy Iga Chrysler 300c

Pria berusia 28 tahun ini pun mengambil konsep VIP untuk Chrysler 300c miliknya, dengan tampilan depan yang memikat dan body yang ceper.

“Konsepnya karena basicnya VIP jadi tetap VIP. Mobil ini bisa dibilang Chrysler pertama di dunia yang dibuat dengan konsep seperti ini, bahkan orang Amerika pun belum bisa bikin. Karena memang ada beberapa adjustment yang memang harus kita buat, di sana (Amerika) tidak bisa buat. Jadi beberapa kali kita kirim kaki-kaki ke mereka,” kata Raindy.

Sektor kaki-kaki memang jadi pemandangan yang menarik dari Chrysler 300c milik Raindy. Dimana pria yang juga pemilik Rain Autoparts ini merubah konstruksi secara keseluruhan agar mendapat tampilan seperti yang diinginkan.

Chrysler 300cDok pribadi Raindy Iga Chrysler 300c

“Semua konstruksinya saya ubah. Kalau untuk spek dari kaki-kaki saya ubah, karena kalau pakai konstruksi standarnya sudah pasti tidak bisa. Kita semua custom bikin di Yogyakarta, makanya hasilnya lebih maksimal,” kata Raindy.

“Proses dari kita sediakan pelek, air suspension, kaki kaki, lalu merambah ke body, radius fender depan-belakang, penambahan body kit, repaint,” tambahnya.

Pada bagian undercarriage, Raindy menggunakan Dampf Hammer wheels R22 buatan Amerika Serikat, lengkap dengan Big Brake Kit 8pot and 6pot, Full custom Undercarriage, dan Air Suspension by Accuair Vx4 Manifold with 2pc ENDO CT.

Kemudian bagian eksterior Raindy menyematkan bodykit Aimgain, yang dibalut dengan Full repaint Champagne.

Di bagian sektor interior dan mesin masih standar bawaan pabrik. Raindy hanya meng-upgrade sektor audio dengan menggunakan Speaker 3 way by Flux, Speaker 2 way by Flux, Subwoofer 12 inci 2pc by ETON, Power 4ch By Gladen, Power 4ch By Audison dan Processor.

Chrysler 300cDok pribadi Raindy Iga Chrysler 300c

Pria yang memiliki hobi modifikasi ini turut membagikan kesulitannya saat mengubah tampilan Chrysler 300c miliknya.

“Waktu pertama kali bikin mobil apalagi yang dipotong-potong, pasti ada kesulitannya karena memang ada beberapa titik bentuk bawaan pabriknya susah. Kita kesulitan di bentuk dan konstruksi kaki-kaki. Tapi karena mobil sendiri jadi lebih enak, makanya pengerjaannya juga makan waktu,” kata dia.

Baca juga: Tidak Ada Tilang Manual di Operasi Keselamatan Jaya, Polisi Maksimalkan ETLE

Adapun proses modifikasi Chrysler 300c milik Raindy membutuhkan waktu sekitar 6 bulan dengan menghabiskan dana sekitar Rp 500 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com