Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Memilih Bengkel yang Profesional dan Tidak Getok Harga

Kompas.com - 12/02/2023, 13:28 WIB
Erwin Setiawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pilihan bengkel yang bisa dijadikan tempat melakukan servis mobil. Namun, tidak semua bengkel bisa memenuhi harapan dari pemilik mobil dalam hal pelayanannya.

Maka dari itu, pemilik mobil harus pintar-pintar memilih bengkel yang bisa diandalkan dan bertanggung jawab atas pekerjaan yang dilakukan atau bengkel profesional.

Lantas, bagaimana cara memilih bengkel yang bertanggung jawab dan dapat diandalkan?

Baca juga: Cara Hindari Pembengkakan Biaya Saat Servis Mobil

Bengkel mobil profesionalKompas.com/Erwin Setiawan Bengkel mobil profesional

Pemilik Aha Motor Hardi Wibowo mengatakan memilih bengkel yang profesional atau yang bertanggung jawab akan cukup sulit bila tidak mencobanya secara langsung, tapi setidaknya ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

“Pemilik mobil bisa melihat ulasan bengkel mobil yang akan dituju lewat beberapa platform sosial media, seperti Facebook, Instagram, Google review dan sejenisnya, setidaknya itu akan memberikan gambaran,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Sabtu (11/2/2023).

Dia mengatakan selain dari ulasan yang ada di sosial media, pemilik mobil juga bisa melihat dari prosedur operasional standar saat penerimaan servis di bengkel.

Baca juga: Efek Buruk Jarang Melakukan Servis AC Mobil

Servis mobil di bengkel resmi Nissan Setiabudi Semarang Servis mobil di bengkel resmi

“Bagaimana penyambutannya, bagaimana bengkel tersebut menerima servis mulai dari pembuatan work order (WO), mengonfirmasi kendala yang dikeluhkan, dari situ akan terlihat mana bengkel yang profesional dan tidak,” ucap Hardi.

Dia mengatakan dengan metode yang jelas dan tersusun maka bengkel tersebut dapat menjaga rasa aman dan percaya kepada pelanggan.

“Selain itu, bengkel yang amanah juga berkaitan erat dengan tanggung jawab bengkel terhadap pekerjaan, misalkan memberikan garansi jasa dan spare part, itu akan membuat pelanggan merasa dilayani dengan baik,” ucap Hardi.

Baca juga: Cara Mudah Mengenali Bengkel yang Tidak Curang

Jadi, ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk memilih bengkel yang amanah, yaitu bisa melihat ulasan orang lain terhadap bengkel tersebut, melihat prosedur bengkel dalam memperlakukan pelanggan dan memberikan jaminan ketuntasan pekerjaan atau garansi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com