Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Operasi Keselamatan Candi, Pengendara Taat Aturan Dihadiahi Susu Sapi

Kompas.com - 12/02/2023, 12:41 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA,KOMPAS.com - Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2023 berlangsung serentak di Jawa Tengah, hingga 20 Februari. 

Edukasi preemtif dan preventif yang digelar Satlantas Polres Boyolali, Jumat (10/2/2023) menarik perhatian masyarakat. Petugas membagikan makanan sambil menyelipkan makna tertib, patuh dan disiplin berkendara. 

Jajaran Satlantas membagikan puluhan paket sembako dan juga ratusan susu sapi kemasan. Bingkisan ini diberikan khusus sebagai penghargaan atas kedisiplinan dan kepatuhan pengguna motor dan mobil.

Salah satu kawasan yang menjadi sasaran petugas adalah Boulevard Soekarno dan simpang Taman Pandan Alas.

"Kedewasaan mereka terlihat, sadar pelanggaran, kemana-mana disiplin, helm SNI sudah. Enggak bonceng tiga. Apa yang diberikan ini penghargaan. Semoga disiplin, tertib dan keselamatan adalah yang utama dan pertama," ucap Kasatlantas Polres Boyolali, AKP M. Herdi Pratama, dikutip Korlantas Polri, Minggu (12/2/2023). 

Baca juga: Ini 7 Pelanggaran yang Bakal Ditindak Selama Operasi Keselamatan Candi 2023

Ia melanjutkan, dalam pelaksanaan Operasi Keselamatan Candi 2023, kegiatan penegakan hukum (gakkum) lalu lintas diperluas. 

Ada delapan prioritas pelanggaran yang terus diawasi oleh Satlantas Polres Boyolali. Antara lain, menggunakan ponsel saat berkendara, pengendara masih di bawah umur, berboncengan lebih dari satu orang, tidak menggunakan helm SNI atau tidak menggunakan safety belt.

Pada dua hari penyelenggaraan Operasi Keselamatan Candi di Boyolali, pihaknya berhasil mendapatkan 506 pelanggaran.

Jajaran Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Kepri menerapkan Tilang Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Mobile Handheld atau dengan kamera ponsel di seluruh wilayah Batam, Kepulauan Riau (Kepri).KOMPAS.COM/HADI MAULANA Jajaran Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Kepri menerapkan Tilang Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Mobile Handheld atau dengan kamera ponsel di seluruh wilayah Batam, Kepulauan Riau (Kepri).

Seperti diketahui, pelaksanaan operasi hari pertama, Selasa (07/02/2023), ditemukan ada 224 pelanggaran, dengan rincian 167 tilang dan 57 teguran. Kemudian di hari kedua, Rabu (08/02/2023), ada sebanyak 282 perkara, rinciannya adalah 213 tilang dan 69 teguran.

Baca juga: Truk ODOL hingga Pelat Nomor Palsu Jadi Sasaran Tilang di Jawa Tengah

"Keselamatan diri sendiri maupun pengendara lainnya jangan di abaikan. Ingat, ada keluarga yang menunggu di rumah," katanya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com