Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penggunaan BBM RON 92 Tidak Berdampak pada Tenaga Nissan Kicks

Kompas.com - 10/02/2023, 15:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Nissan Kicks e-Power merupakan salah satu mobil hybrid yang cocok digunakan di masa transisi era elektrifikasi. Model ini memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh kendaraan hybrid lain.

Soal penggerak atau sumber tenaga, mobil ini tidak memadukan dua tenaga mesin dan motor, melainkan hanya mengandalkan motor listrik yang digerakkan oleh baterai. Sehingga, jenis bahan bakar yang digunakan seharusnya tidak mempengaruhi tenaga yang dihasilkan oleh Nissan Kicks.

Meski demikian, mobil ini disarankan menggunakan bensin minimal RON 92 untuk mengurangi emisi gas buang. Lantas, untuk apa saran tersebut?

Baca juga: Uji Konsumsi Bahan Bakar Nissan Kicks e-Power, Tembus 14 Kpl

Nissan Kicks e-PowerKompas.com/AdityoWisnu Nissan Kicks e-Power

Head of Nissan Academy PT Nissan Motor Indonesia (NMI) Jamaludin mengatakan penggunaan jenis bahan bakar tertentu untuk Nissan Kicks e-Power bukan diperuntukkan dalam mengejar tenaga yang dihasilkan untuk menggerakan kendaraan melainkan untuk menekan angka emisi.

“Tenaga yang dihasilkan Nissan Kicks murni 100 persen dari spesifikasi motor listrik dan baterai yang digunakan, karena mobil ini memang mengandalkan motor listrik dan baterai saja untuk menggerakan rodanya,” ucap Jamal kepada Kompas.com, Rabu (8/2/2023).

Dia mengatakan penggunaan bensin tertentu pada Nissan Kicks adalah untuk menjaga keawetan mesin konvensional dalam jangka panjang dan menekan angka emisi.

Baca juga: Sensasi Mengemudi Nissan Kicks e-Power Keliling Kota

Nissan Kicks e-Power, meluncur di IndonesiaKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Nissan Kicks e-Power, meluncur di Indonesia

“Kicks mutlak harus pakai minimal bensin RON 92 terkait emisi gas buangnya yang harus dijaga, bukan terkait tenaga yang dihasilkan, selain itu penggunaan bensin yang berkualitas juga akan menjaga keawetan mesin bakar dan komponen-komponen mesin dalam jangka panjang,” ucap Jamal.

Kendati tidak berpengaruh pada tenaga yang dihasilkan, menurut Jamal penggunaan bahan bakar tertentu yang sesuai dengan saran pabrikan akan berpengaruh pada konsumsi bahan bakar.

“Dengan menggunakan bahan bakar yang berkualitas, minimal RON 92 akan membuat mesin bakar lebih efisien jika dibandingkan dengan bensin dengan spesifikasi di bawahnya,” ucap Jamal.

Baca juga: Bedah Fitur Canggih Nissan Kicks e-Power

Nissan Kicks e-PowerKompas.com/AdityoWisnu Nissan Kicks e-Power

Biarpun mesin pada Nissan Kicks ini tidak berhubungan langsung dengan tenaga mesin, tapi perhitungan konsumsi bahan bakar tetap bisa dihitung berdasarkan jarak yang ditempuh dan konsumsi bahan bakar.

“Mesin di Nissan Kicks ini kan bisa dibilang hanya berperan sebagai generator, dengan menggunakan bahan bakar yang berkualitas tentu saja akan jauh lebih efisien konsumsi bahan bakarnya, meski hanya untuk mengisi daya baterai,” ucap Jamal.

Jadi, penggunaan bensin dengan minimal RON 92 pada Nissan Kicks memang tidak akan berpengaruh pada tenaga yang dihasilkan mobil, tapi berpengaruh pada konsumsi bahan bakar, daya tahan komponen dan emisi gas buang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com