Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa yang Menyebabkan AC Mobil Tidak Dingin?

Kompas.com - 10/02/2023, 12:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu fitur kenyamanan yang ada pada mobil adalah AC. Perangkat ini membuat udara yang bersirkulasi di dalam kabin mobil menjadi sejuk meski di bawah terik matahari. Otomatis pengendara akan merasa lebih nyaman saat berkendara.

AC mobil bisa saja mengalami penurunan performa secara tiba-tiba. Misalkan terakhir kali digunakan masih dingin, tiba-tiba di hari berikutnya ketika ingin digunakan menjadi tidak dingin. Bahkan saat dalam perjalanan pun, AC mobil bisa saja tiba-tiba tidak dingin.

Umumnya, performa AC menurun seiring dengan berkurangnya cairan freon atau tersumbatnya aliran udara yang menuju dalam kabin. Namun, faktanya bisa saja AC mobil tidak dingin tiba-tiba. Lantas, apa yang menyebabkan AC mobil tidak dingin tiba-tiba?

Baca juga: Kompresor AC Mobil Rusak Tidak Melulu karena Masalah Oli

Pembongkaran dashboard Kijang Innova untuk servis perawatan AC. Dicky Aditya Wijaya Pembongkaran dashboard Kijang Innova untuk servis perawatan AC.

Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi mengatakan ketika AC mobil mengalami tidak dingin secara tiba-tiba, itu bisa dipahami bahwa ada bagian elektrikal AC yang bermasalah.

“Ada beberapa penyebab AC mobil menjadi tidak dingin secara tiba-tiba, namun yang paling umum disebabkan oleh kelistrikannya, seperti fuse, relay, sakelar dan kabel-kabelnya,” ucap Bambang kepada Kompas.com, Kamis (9/2/2023).

Dia mengatakan dengan terganggunya aliran arus listrik yang menuju beberapa komponen pada sistem AC, maka tiba-tiba saja AC mobil bisa menjadi tidak dingin.

Baca juga: Apakah Boleh Membuang Freon AC Mobil ke Alam Bebas?

AC MobilDenso AC Mobil

“Berbeda dengan AC mobil yang jarang diservis, penurunan performa akan terjadi perlahan, tahap demi tahap seiring menumpuknya kotoran pada filter kabin atau komponen di AC,” ucap Bambang.

Selain kelistrikan, dia juga mengatakan freon yang habis secara tiba-tiba, mungkin karena benturan yang membuat saluran freon bocor, itu bisa juga menyebabkan AC mobil tidak dingin secara tiba-tiba meski jarang terjadi.

“Freon yang habis dadakan juga bisa, tapi itu jarang terjadi karena hanya kebocoran yang besar lah yang akan membuat freon habis secara cepat dan membuat AC tidak dingin secara langsung,” ucap Bambang.

Baca juga: Efek Buruk Jarang Melakukan Servis AC Mobil

AC MobilDenso AC Mobil

Dia mengatakan beberapa komponen AC bakal menunjukkan gejala bila sebantar lagi akan mengalami kerusakan.

“Seperti magnetic clutch, kompresor itu biasanya muncul bunyi terlebih dulu sebelum performa AC menurun,” ucap Bambang.

Jadi, bila AC mobil mengalami tidak dingin secara tiba-tiba, bisa mencurigai komponen kelistrikan yang berhubungan dengan sistem tersebut, ada fuse, relay, sakelar dan kebal-kabel pengubungnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com