Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/02/2023, 07:12 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabar peluncuran generasi terbaru Daihatsu Ayla dan Toyota Agya semakin santer terdengar. Seperti diketahui, Ayla dan Agya merupakan low cost green car (LCGC) hasil kolaborasi antara Toyota dan Daihatsu.

Rumors yang beredar, model baru dari Ayla dan Agya akan resmi dirilis pada Februari 2023. Menurut sumber Kompas.com, jadwal peluncuran bisa sebelum pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023, atau di ajang pameran otomotif tahunan.

Salah satu tenaga penjual Daihatsu di Depok Jawa Barat mengatakan, model terbaru Ayla bakal mendapat pembaruan salah satunya adalah di sektor entertainment. Hanya saja, tenaga penjual tersebut belum mengetahui secara pasti kapan mobil kembar Toyota Agya itu diluncurkan.

Baca juga: Pilihan Helm Retro Baru, Harga Rp 300.000-an

“Setahu saya untuk yang 1.000 cc (yang akan meluncur) sudah touch screen audio-nya. Baru itu saja (informasinya) kalau model belum ada update,” ucap tenaga penjual tersebut saat dihubungi Kompas.com, Selasa (7/2/2023).

Promo cashback All New Ayla di Jawa Tengah Rp 10 jutaDok. Promo cashback All New Ayla di Jawa Tengah Rp 10 juta

Sementara itu, tenaga penjual Toyota di Jakarta Barat mengatakan, generasi baru Toyota Agya kemungkinan akan meluncur di tidak lama lagi. Namun, belum ada informasi resmi terkait spesifikasi resmi sehingga tidak bisa memberikan informasi yang valid.

Baca juga: Ini 7 Pelanggaran yang Bakal Ditindak Selama Operasi Keselamatan Candi 2023

Berdasarkan informasi yang beredar, mobil ini bakal mengalami ubahan yang cukup signifikan di bagian eksterior dan interiornya. Tidak mau ketinggalan dengan Rocky dan Raize, si kembar Ayla dan Agya akan menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

Kedua mobil ini kemungkinan akan menggunakan mesin berkapasitas 1.000 cc dengan 3 silinder, yang mampu menghasilkan tenaga hingga 87 tk dan torsi 113 Nm.

Tak hanya itu, mobil ini juga akan menggunakan matik model Continuously Variable Transmission (CVT) yang memiliki efisiensi lebih baik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com