Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/02/2023, 09:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Royal Enfield dikabarkan memilik progres relatif cepat dalam menyiapkan motor listrik. Kabarnya, lini produk bebas emisi merek India blasteran Inggris ini mulai masuk pasar 18 bulan sampai 24 bulan lagi.

Dikutip dari Autocar India, Royal Enfield melakukan berbagai cara untuk mewujudkan hal tersebut. Pertama adalah dengan membawa Umesh Krishnappa, mantan Chief Techcnology Officer (CTO) Ola Electric.

Selain itu, tim yang didedikasikan untuk motor listrik sudah dibuat oleh Royal Enfield baik di India atau di Inggris. Jadi dari segi kesiapan, produk dan tim sudah dibuat, siap meramaikan pasar motor listrik.

Baca juga: Royal Enfield Hunter 350, Menjawab Selera Anak Muda dari Motor Klasik

Royal Enfield meresmikan pabrik perakitan baru di Brasil.Foto: Royal Enfield/DiegoYS Royal Enfield meresmikan pabrik perakitan baru di Brasil.

Sumber lain juga mengatakan Royal Enfield akan menginvestasikan 100 juta dollar AS sampai 150 juta dollar AS untuk produk elektrifikasi. Motor tersebut memakai basis khusus dengan kode 'L' dan akan hadir dalam berbagai bentuk, menyesuaikan dengan kebutuhan customer.

Basis motor listrik tersebut didesain bukan cuma untuk pasar India, tapi juga global. Jadi prototipe tersebut dikabarkan siap 12 bulan ke depan atau paling cepat sebelum 2023 dan diluncurkan ke pasar di 2024.

Juru bicara dari Royal Enfield mengatakan, perusahaannya telah menyiapkan banyak hal untuk masuk ke elektrifikasi. Misal dari R&D, sudah difokuskan menciptakan mobilitas yang berkepanjangan.

Baca juga: Mulai Pagi Ini 25 Ruas Jalan Protokol di Jakarta Terapkan Ganjil Genap


"Pendekatan kami dalam mengembangkan kendaraan listrik sangat berbeda dan kami mempelajari pasar dan customer di segmen elektrifikasi. Kami sedang menyiapkan portofolio untuk lini EV dan menginvestasi lebih banyak di sektor tersebut," ucapnya ke Autocar Professional.

Selain itu, belum lama ini juga Royal Enfield menginvestasi ke perusahaan start-up EV dari Spanyol yakni Stark Future VL.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com