Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Sulit dan Jauhnya Akses Parkir Motor di Mal Mewah

Kompas.com - 04/02/2023, 09:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kota-kota besar, lokasi parkir jadi kebutuhan utama para pengguna kendaraan pribadi. Namun, bagaimana jadinya bila akses parkir motor mendapat diskriminasi, karena lokasinya yang berada lebih jauh daripada parkir mobil.

Seperti yang diungkap dalam video viral akun TikTok @dajdr_ (31/1/2023). Dalam unggahannya, akun tersebut mengkritisi parkiran motor Mal Pondok Indah (PIM) yang lokasinya berada cukup jauh dari gedung utama.

Parkiran motor di sana, nyebrang dulu ke PIM 1, nyebrang dulu ke PIM 2, baru ke PIM 3,” kata pemilik akun @dajdr_ dalam videonya.

Baca juga: Terlaris Kedua Dunia, Motor Listrik Yadea Meluncur di IIMS 2023

@dajdr_

Apa gw yang gatau parkiran yang lebih dekat? ????

? Tak Kan Hilang by Budi Doremi - Kopi Rona

Cuplikan video tersebut telah memancing love dari warganet sampai 39.000 kali, 2.167 komentar, dan 448 share.

Rupanya, unggahan yang mengkritisi parkiran motor PIM juga diamini oleh beberapa netizen. Seperti akun @xxxxxnz yang komen, “pim sangat sangat melihat kasta, sumpah jauh bgt parkiran motornya sampe lewatin jembatan penyebrangan”.

Lalu ada juga komentar akun @milawelah yang bilang, “pernah ke pim juga naik motor ???? jauh bgt parkirnya jujur, tidak motor friendly apa aku yg ga tau ya,” katanya.

Baca juga: Jawaban Esemka Soal Mobil Listrik di IIMS 2023

Menanggapi keunikan dari parkiran motor di PIM, Rio Octaviano, Ketua Indonesia Parking Association (IPA), mengatakan, ada beberapa alasan yang membuat pengelola mal menyediakan parkir motor yang terbatas atau jauh dari lokasi mal.

“Kalau saya enggak melihat ke salah satu properti. Secara general, kemungkinan manajemen PIM memang mau mengatur,” ujar Rio, kepada Kompas.com (3/2/2023).

“Mungkin dia punya hitungan, misal mobil jauh lebih banyak dibandingkan motor. Jadi demand mobil jauh lebih banyak daripada motor. Makanya motor ditaruh di satu tempat khusus. Walaupun itu jadinya jauh,” kata dia.

Baca juga: Kejadian Lagi, Mobil Parkir Sembarangan Halangi Pagar Rumah Orang

Lahan parkir motor di Hottel Pullman dan Wisma Nusantara.Jessi Carina Lahan parkir motor di Hottel Pullman dan Wisma Nusantara.

Rio menambahkan, diskriminasi parkir motor sebetulnya tidak hanya terjadi di mal mewah, tapi juga gedung perkantoran.

"Sebenarnya bukan hanya PIM, Mal Kelapa Gading itu (parkir motor) juga ditaruh di luar. Apalagi Arta Graha gedung perkantoran, itu malah motor enggak boleh masuk, ditaruh di luar," kata Rio.

"Jadi ini bukan masalah PIM atau bukan, ini mindset dari sebuah manajemen. Di Kokas pun jauh parkir motornya, pengunjung tetap harus jalan," ucap dia.

Baca juga: Pilihan Sedan Mewah Bekas Harga mulai Rp 100 Jutaan

Posisi Parkir Mobil di Lahan ParkirDicky Aditya Wijaya Posisi Parkir Mobil di Lahan Parkir

Kemudian, alasan lain yang membuat lokasi parkir motor di mal atau perkantoran berada jauh, salah satunya terkait estetika bangunan.

“Tapi menurut saya alasan estetika jadi yang utama. Ada beberapa properti yang memandang atau mendefenisikan dari sebuah gedung itu adalah, wilayah utamanya tidak dilewati oleh kendaraan roda dua. Ada pertimbangannya sendiri,” ucap Rio.

“Jadi secara aturan tidak eksplisit disebutkan bahwa motor ini harus di sini, motor itu harus di sana. Tidak tertulis, tapi lebih ke arah kebijakan internal dari manajemennya,” ujar dia.

Baca juga: Sayonara Daihatsu Xenia RWD

Pakuwon Mall SurabayaDokumentasi Pakuwon Jati Pakuwon Mall Surabaya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com