Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024
Kompas.com - 03/02/2023, 18:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Persaingan sepeda motor listrik di dalam negeri tahun ini agaknya akan semakin ketat. Kondisi tersebut, sejalan dengan rencana dua manufaktur besar asal Jepang, Honda dan Yamaha yang akan merilis produk terkait.

Meski demikian, ECGO EV Moto mengaku tidak gentar. Pasalnya, sekalipun diluncurkan dan mendapat insentif dari pemerintah, strategi pasar antara pabrikan sangat berbeda untuk menggarap pasar nasional.

"Pasti mereka punya rencana untuk membawa motor listrik juga. Tapi arahnya berbeda dengan kami (dari sisi segmentasi pasar)," kata COO dan Co-Founder ECGO EV Moto Gary Prawira saat ditemui di Jakarta, Jumat (3/2/2023).

Baca juga: Ini Penyebab Mobil Listrik BMW i4 dan iX Inden Lama

Motor listrik ECGOKOMPAS.com/Ruly Kurniawan Motor listrik ECGO

Menurut Gary, produk yang akan dihadirkan oleh pabrikan asal Jepang itu, baik Honda maupun Yamaha akan berharga cukup tinggi. Sebab, perusahaan sudah sangat besar sehingga produknya juga harus bagus dan kuat.

Dengan begitu, sasaran utama motor listrik terkait akan menyasar segmen menengah ke atas. Sementara produk dari ECGO, lebih menjangkau ke pasar menengah ke bawah dengan rentang harga Rp 9 juta sampai Rp 12,7 juta.

"Memang (motornya) akan memiliki spesifikasi tinggi, kecepatan tinggi. Tetapi karena mereka merupakan merek yang terkenal harganya pastinya tidak murah, lebih tinggi dari kami," kata Gary.

Baca juga: Perbedaan Kompetisi Instruktur Motor Honda di Jepang dan Thailand

Deretan motor listrik Honda di IMOS 2022KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Deretan motor listrik Honda di IMOS 2022

"Sehingga harga yang ditentukan mereka, kami cukup yakin akan tinggi. Tidak cocok untuk kebanyakan masyarakat Indonesia. Jadi tak langsung bersentuhan dengan kita," lanjutnya.

"Kita mengincar pengguna motor pada umumnya (menengah ke bawah) yang memakai motor 100 cc sampai 150 cc," ucap Gary lagi.

Meski demikian ia mengakui bahwa kedatangan motor listrik Honda dan Yamaha akan menjadi tantangan tersendiri. Mengingat, kebiasaan pasar dalam negeri saat membeli kendaraan ialah melihat branding dahulu.

Baca juga: Kejadian Lagi, Mobil Parkir Sembarangan Halangi Pagar Rumah Orang

Tiga orang terpilih menjajal motor listrik Yamaha E01 selama 8 jam berkeliling Jakarta melewati berbagai kondisi jalanan perkotaan. Foto: Yamaha Tiga orang terpilih menjajal motor listrik Yamaha E01 selama 8 jam berkeliling Jakarta melewati berbagai kondisi jalanan perkotaan. 

Oleh karena itu, ECGO akan lebih mendekatkan diri kepada masyarakat luas melalui pendekatan kultural seperti sanmori (sunday morning ride).

"Permulaan kita, minggu ini akan ada acara car free day di Sudirman untuk bisa membaur kemasyarakat. Ke depan kita juga ada rencana menggelar test ride di beberapa wilayah," kata Gary.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke