Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rossi Pensiun, Pebalap Muda Italia Jadi Bersinar

Kompas.com - 30/01/2023, 12:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Sumber Crash

JAKARTA, KOMPAS.com - Francesco Bagnaia diharapkan dapat mengembalikan nama para pebalap Italia di kancah MotoGP. Sejak Valentino Rossi pensiun, Pecco menjadi tokoh yang digadang menggantikan Rossi.

Apalagi setelah musim lalu Pecco berhasil menjadi juara dunia yang membuat namanya makin bersinar. Adapun tahun depan, Pecco akan tandem dengan Enea Bastianini yang juga dipercaya mengangkat nama Italia.

Baca juga: Jangan Langgar Marka Chevron di Tol, Bisa Kecelakaan Tabrak Belakang

Pebalap R46 Racing sekaligus saudara tiri Rossi, Luca Marini mengatakan, MotoGP berada di "awal era baru" tanpa Rossi. Namun hilangnya Rossi akan digantikan dengan bintang-bintang muda lainnya.

Pebalap Mooney VR46 Racing yang juga merupakan adik tiri Valentino Rossi, Luca Marini, seusai menyelesaikan hari pertama tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalia, Jumat (11/2/2022).KOMPAS.com/ Hafidz Imaduddin Pebalap Mooney VR46 Racing yang juga merupakan adik tiri Valentino Rossi, Luca Marini, seusai menyelesaikan hari pertama tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalia, Jumat (11/2/2022).

“Saya pikir ini masih awal, ini adalah awal dari era baru bagi pebalap Italia,” kata Marini mengutip Crash.net, Senin (30/1/2023).

“Vale telah menggetarkan penggemar selama bertahun-tahun, saat itu (MotoGP di Italia) masih gratis di TV. Jadi dia bisa menjangkau lebih banyak orang," ujar Marini.

“Sekarang ini hanya soal waktu. Semua pebalap Italia harus berada di depan setiap balapan dan berusaha memenangkan balapan sebanyak mungkin, kami membutuhkan juara sebanyak mungkin," kata dia.

Baca juga: Fitur Tambahan pada Bus Mewah, Harus Diperhatikan Keamanannya

Francesco Bagnaia menggunakan nomor start 1 pada Ducati Desmosedici GP23 untuk MotoGP 2023Dok. Ducati Francesco Bagnaia menggunakan nomor start 1 pada Ducati Desmosedici GP23 untuk MotoGP 2023

Alasannya tanpa Rossi jumlah penonton Italia menurun. Di GP Mugello tahun lalu, jumlah penonton yang hadir ke sirkuit menurun jauh dikarenakan penggemar malas datang sebab sudah tidak ada Rossi.

“Akan penuh lagi di Italia, tapi saya percaya juga di seluruh dunia. Pertunjukannya bagus, kami hanya harus menunggu untuk mencapai hati semua penggemar. Dalam waktu beberapa tahun, setiap tribun akan penuh," ujar Marini.

"Orang-orang jatuh cinta pada olahraga ini, Vale dan pebalap kuat lainnya yang berkarakter. Saat ini kami memiliki karakter yang baik, tetapi kami harus ingat bahwa kami semua masih sangat muda di MotoGP," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Crash
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com