Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Toyota Akio Toyoda Mundur dari Jabatannya

Kompas.com - 26/01/2023, 15:27 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Motor Coporation mempromosikan Presiden Lexus Koji Sato untuk maju menggantikan Akio Toyoda. Sato akan memegang jabatan baru sebagai Chief Executive Officer (CEO) Toyota.

Toyoda yang merupakan cucu dari pendiri Toyota akan memegang jabatan sebagai chairman. Pria yang sudah berusia 66 tahun tersebut pertama kali ditunjuk sebagai CEO Toyota pada 2009 dan berhasil membawa Toyota hingga sejauh ini.

Baca juga: Akio Toyoda: Perlu Pendekatan Holistik untuk Upaya Karbon Netral


Dikutip dari Japantimes.co.jp, Kamis (26/1/2023), Toyoda akan mundur dari jabatan Presiden dan CEO untuk menjadi chairman, dan efektif akan berlaku mulai 1 April 2023. Toyoda sendiri menggantikan Takeshi Uchiyamada.

Koji Sato, mantan Presiden Lexus yang mulai 1 April 2023 akan menjadi Presiden dan CEO Toyota, menggantikan Akio ToyodaPhilipp Steinhardt Koji Sato, mantan Presiden Lexus yang mulai 1 April 2023 akan menjadi Presiden dan CEO Toyota, menggantikan Akio Toyoda

Sato akan memimpin Toyota pada saat era elektrifikasi dan otomasi menyapu industri otomotif global.

Dia akan mewarisi strategi Toyoda dalam berinvestasi pada kendaraan listrik berbasis baterai, teknologi hibrida, mobil bertenaga hidrogen, dan kendaraan bermesin konvensional.

Selama masa kepemimpinan Toyoda, Toyota diketahui mendapat kecaman dari investor dan kelompok lingkungan karena apa pabrikan otomotif ini enggan untuk fokus pada kendaraan listrik.

Baca juga: Akio Toyoda Gas Purwarupa Toyota GR Yaris H2 Ikut Balap Reli di Belgia

Koji Sato (kiri) bersama Akio Toyoda (kanan)Dok. TMC Koji Sato (kiri) bersama Akio Toyoda (kanan)

Menurut Toyota, kendaraan listrik bukanlah satu-satunya solusi menuju netralitas karbon. Untuk itu, Toyota juga mengembangkan mobil bermesin hidrogen.

Pada rapat pemegang saham pada Juni tahun lalu, Toyoda mengatakan dirinya sudah memikirkan waktu dan pemilihan penggantinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com