Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagnaia Santai Ada Larangan Menggunakan Perangkat Suspensi Depan

Kompas.com - 26/01/2023, 12:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mulai musim ini, perangkat suspensi depan Ducati resmi dilarang. Meski demikian, Francesco Bagnaia mengaku sama sekali tidak keberatan.

Perangkat suspensi depan yang dikembangkan oleh Ducati dipercaya dapat memberikan keuntungan saat motor berakselerasi. Perangkat tersebut juga dikembangkan oleh pabrikan lainnya.

Baca juga: Pecco Bagnaia Berambisi Tandingi Gelar Rossi dan Marquez


Namun, para kompetitor Ducati berpendapat bahwa perangkat tersebut tidak berguna untuk motor produksi massal. Sebab, menurut filosofi, teknologi yang dikembangkan di dunia balap pada akhirnya akan menjadi teknologi yang disematkan di motor jalanan.

Francesco Bagnaia saat berlaga pada MotoGP Inggris 2022. (Photo by ADRIAN DENNIS / AFP)ADRIAN DENNIS Francesco Bagnaia saat berlaga pada MotoGP Inggris 2022. (Photo by ADRIAN DENNIS / AFP)

Bagnaia mengatakan, dirinya hanya beberapa kali saja menggunakan perangkat suspensi depan. Maka itu, dia merasa tidak keberatan jika harus balapan tanpa perangkat suspensi tersebut.

"Saya menggunakan perangkat suspensi depan saat sesi tes, dan FP1, FP2, FP3 di Qatar, selanjutnya saya berhenti menggunakannya," ujar Bagnaia, dikutip dari Crash.net, Kamis (26/1/2023).

Baca juga: Bagnaia Bakal Frustrasi kalau Sampai Kalah dari Bastianini


"Jadi, ini tidak akan menjadi perubahan yang besar bagi saya. Ketika mereka memutuskan untuk melepasnya, bukan masalah bagi saya," kata Bagnaia.

Menurut Bagnaia, bukan perangkat suspensi depan yang berpengaruh baginya. Tapi, justru fairing Desmosedici GP23 yang lebih ramping yang diakui memberikan peningkatan dalam pengendalian motor.

Francesco Bagnaia menggunakan nomor start 1 pada Ducati Desmosedici GP23 untuk MotoGP 2023Dok. Ducati Francesco Bagnaia menggunakan nomor start 1 pada Ducati Desmosedici GP23 untuk MotoGP 2023

"Jika Anda ingat, sepanjang tahun fairing Ducati sangat besar dan tahun lalu kami menggunakan yang kecil. Saya sangat memaksa untuk itu dan kami mengubah feeling dengan motor sangat besar," ujarnya.

Bagnaia mengatakan, untuk fairing tahun ini tidak jauh berbeda dengan musim lalu. Dia juga membocorkan bahwa Ducati sangat fokus dengan aerodinamika motor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.