Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/01/2023, 16:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha YZR-M1 mendapat kritik dari para pebalapnya dan pecinta MotoGP karena kekurangan tenaga. Pada sesi tes resmi di Sepang, Malaysia, Yamaha mengaku sudah memberikan peningkatan pada motornya.

Untuk mendapatkan peningkatan tersebut, Yamaha masih dibantu oleh Cal Crutchlow. Pebalap asal Inggris tersebut mendapatkan jadwal yang cukup padat untuk sesi tes.

Baca juga: Yamaha Yakin Quartararo Bakal Jadi Juara Dunia Lagi

"Cal adalah aset yang luar biasa untuk pengembangan MotoGP. Kami memiliki banyak kesempatan untuk menguji bersama Cal di Eropa pada 2022 setelah Corona," ujar Yamaha Project Manager Takahiro Sumi, dikutip dari Speedweek.com, Rabu (25/1/2023).

Pebalap Monster Energy Yamaha Franco Morbidelli memacu sepeda motornya saat sesi latihan bebas 4 MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (19/3/2022).GARRY LOTULUNG Pebalap Monster Energy Yamaha Franco Morbidelli memacu sepeda motornya saat sesi latihan bebas 4 MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (19/3/2022).

Sumi menambahkan, pengetesan tersebut memberikan hasil positif yang diharapkan bisa terlihat pada sesi tes Valencia di November 2022. Sayangnya, hasilnya tidak sebagus seperti yang diharapkan.

"Sejak itu, kami menganalisis semua data dan meneliti alasannya. Sekarang, sudah jelas mengapa Fabio (Quartararo) dan Franco (Morbidelli) kecewa setelah sesi tes Valencia," kata Sumi.

Baca juga: Yamaha Baru Bisa Punya Tim Satelit Lagi pada 2025

Test rider Yamaha MotoGP Cal CrutchlowDok. Paddock GP Test rider Yamaha MotoGP Cal Crutchlow

"Kami sudah mempersiapkan pembaruan untuk sesi tes Sepang di Februari nanti. Di sana, kita akan melihat peningkatan. Kami sekarang bisa lebih memahami dan mempersiapkan secara matang untuk Sepang," ujarnya.

Tidak disebutkan dengan detail apa saja atau di area mana saja peningkatan tersebut dilakukan. Namun, yang jelas bagian dapur pacunya masih mempertahankan mesin 4-silinder segaris, bukan V4 seperti yang belakangan ini dibicarakan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.