Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/01/2023, 10:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil listrik murni atau Battery Electric Vehicle (BEV) memiliki kelebihan, yaitu perawatan yang lebih minim. Kondisi ini terjadi karena komponen pada kendaraan listrik relatif lebih sedikit.

Sebagai contoh, Hyundai Ioniq 5 sebagai salah satu mobil listrik terlaris di Indonesia, tak perlu mengganti oli secara berkala tiap 10.000 Kilometer. Sebab seluruh daya yang digunakan sebagai sumber penggerak bukan mesin melainkan baterai dan motor listrik.

Walau demikian, bukan berarti mobil listrik tidak memiliki cairan sama sekali. Suprayetno, Head of Service Planning and Strategy Department PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) dalam keterangannya menyebutkan, sedikitnya ada empat cairan penting di mobil listrik.

Baca juga: Nissan Niat Jual Sakura EV, Mobil Listrik Mini Lawannya Wuling Air EV

Kap mesin Hyundai Ioniq 5Kompas.com/Donny Kap mesin Hyundai Ioniq 5

Pertama ialah minyak rem. Sebab umumnya, rem pada mobil listrik hampir mirip dengan yang berbahan bakar minyak (internal combustion engine/ICE) dengan prinsip hidrolik.

"Sehingga Hyundai Ioniq 5 tetap memerlukan kehadiran minyak rem pada sistemnya untuk melakukan pengereman," kata Suprayetno, dilansir pada Senin (23/1/2023).

Selanjutnya ialah cairan coolant untuk menjaga agar suhu baterai dan motor elektrik tak terlampau panas. Tetapi bedanya dengan mobil ICE, ukuran radiatornya tidak terlalu besar.

Sebab mobil elektrik memang tidak menghasilkan panas sebanyak mesin pembakaran internal.

Baca juga: Mau Beli Helm, Baiknya Dicoba Langsung biar Pas dengan Kepala

Coolant Hyundai Ioniq 5Kompas.com/Donny Coolant Hyundai Ioniq 5

"Kemudian air wiper. Air wiper memang bukan cairan yang bisa melumpuhkan mobil bila tidak ada. Tetapi tetap penting ketika berkendara, terutama di cuaca yang tak menentu," katanya.

Terakhir ialah cairan pelumas agar motor listrik dan komponen penggerak lainnya tetap berkerja optimal karena sering terjadi kontak. Tetapi, pelumas ini tak perlu diganti secepat oli pada mesin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.