Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sensasi Naik Bus Tingkat PO Harapan Jaya, Jakarta-Solo Cuma Rp 280.000

Kompas.com - 21/01/2023, 18:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki 2023, redaksi Kompas.com mencoba jalan-jalan dari Jakarta ke Solo menggunakan bus AKAP. Mencari mana yang paling menarik, redaksi memilih bus dari PO Harapan Jaya.

Untuk trayek Jakarta-Solo, PO Harapan Jaya menyediakan armada bus tingkat. Memilih kelas yang paling murah, kelas Eksekutif yang ada di dek atas dengan harga tiket di aplikasi Rp 280.000.

Untuk pembelian lewat aplikasi, ada tambahan application fee dan asuransi sebesar Rp 25.000. Jadi nanti ketika mau berangkat, bisa ditukar di agen PO Harapan Jaya.

Baca juga: Harga Tiket Bus AKAP yang Ada Pelayanan Makan Gratis

Kabin bus tingkat Harapan Jaya KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Kabin bus tingkat Harapan Jaya

Pengalaman yang menarik adalah, sebelum keberangkatan (pukul 16.00 WIB), ditelepon oleh agen sebagai pengingat. Selain itu, diminta juga untuk share barcode pemesanan tiket agar segera dicetak tiketnya.

Pada hari keberangkatan, tiket sudah dicetak, berisi berbagai informasi, dari nama, nomor bangku, sampai armadanya. Selain itu, di bagian bawahnya ada kupon untuk snack dan servis makan.

Bus pun datang sekitar pukul 16.00 WIB kurang sedikit dan langsung naik ke lantai atas. Armada yang digunakan untuk perjalanan kali ini adalah Jetbus 2+ SDD dengan sasis Scania K410iB.

Baca juga: Skema Kredit Motor Listrik United T1800, Angsuran mulai Rp 900.000-an

Ruang kaki Bus tingkat Harapan JayaKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Ruang kaki Bus tingkat Harapan Jaya

Tempat duduk yang dipilih, yaitu kursi nomor 2B di atas, tidak kebagian bangku paling depan. Pada kelas eksekutif ini terdiri dari 44 bangku yang dilengkapi dengan armrest dan leg rest.

Walaupun bangkunya terbilang banyak, ruang kaki masih sangat lega, apalagi untuk tinggi redaksi yang 178 cm. Tapi sebagai tips, pilih bangku di deret kiri karena leg room lebih lega daripada yang kanan.

Perjalanan pun dimulai dari Terminal Pondok Pinang dan menjemput penumpang di beberapa titik. Misal  di Pasar Rebo, Pulo Gebang, Bekasi, sampai Cikarang, bus menghampiri agen tersebut.

Pemandangan dari Bus tingkat Harapan JayaKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Pemandangan dari Bus tingkat Harapan Jaya

Untuk rasanya jadi penumpang di bus tingkat, sebenarnya nyaman saja, mengingat Scania K410iB sudah dilengkapi transmisi semi otomatis 12 percepatan dan suspensi udara yang super nyaman.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.