Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Genjot Produksi Grand Filano, tapi Fazzio Masih Inden

Kompas.com - 19/01/2023, 12:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected yang baru saja diperkenalkan diproduksi oleh pabrik Yamaha yang ada di Cikarang.

Untuk mengantisipasi jumlah permintaan yang banyak, Yamaha klaim langsung genjot produksi ketika produknya sedang diperkenalkan. Jadi selang satu atau dua hari, motor classy Yamaha tersebut bisa langsung dipesan.

Namun, dengan hadirnya Grand Filano, apakah akan memengaruhi produksi dari Fazzio yang saat ini masih inden?

Baca juga: Yamaha YZR-M1 Pakai Motif Kamuflase, Lebih Agresif

Perbedaan Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected Neo dan Lux KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Perbedaan Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected Neo dan Lux

Dyonisius Beti, President Director PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mengatakan, pihaknya tidak ada maksud untuk menciptakan inden. Hadirnya Grand Filano tidak memakan porsi dari Fazzio.

"Penambahan tipe Grand Filano sudah direncanakan, sehingga tidak memakan porsi dari Fazzio. Grand Filano adalah tambahan, sehingga dua-duanya berjalan paralel dan sudah dalam planning Yamaha," ucap Dyonisius di Jakarta, Selasa (17/1/2023).

Dyonisius menjelaskan, basis mesin yang sama antara Grand Filano dengan Fazzio bukan berarti stok mesin yang ada dibagi dua, melainkan menambah kapasitas produksi.

Baca juga: All New Ayla dan Agya Segera Meluncur, Pakai CVT dan DNGA


"Fazzio produksinya akan kita naikkan karena sudah banyak inden sehingga yang membeli Fazzio tidak ragu, produksi yamaha tetap jalan dan bahkan meningkat," kata Dyonisius.

Untuk produksi Grand Filano, Dyonisius memang tidak bisa mengungkapkan secara rinci berapa jumlahnya. Yamaha cuma mau produksi Grand Filano bisa sesuai dengan kebutuhan konsumen.

"Kalau meledak permintaannya seperti fazzio, mungkin saja terjadi permintaan yang membeludak (inden)," kata Dyonisius.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.