Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Genjot Produksi Grand Filano, tapi Fazzio Masih Inden

Kompas.com - 19/01/2023, 12:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected yang baru saja diperkenalkan diproduksi oleh pabrik Yamaha yang ada di Cikarang.

Untuk mengantisipasi jumlah permintaan yang banyak, Yamaha klaim langsung genjot produksi ketika produknya sedang diperkenalkan. Jadi selang satu atau dua hari, motor classy Yamaha tersebut bisa langsung dipesan.

Namun, dengan hadirnya Grand Filano, apakah akan memengaruhi produksi dari Fazzio yang saat ini masih inden?

Baca juga: Yamaha YZR-M1 Pakai Motif Kamuflase, Lebih Agresif

Perbedaan Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected Neo dan Lux KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Perbedaan Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected Neo dan Lux

Dyonisius Beti, President Director PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mengatakan, pihaknya tidak ada maksud untuk menciptakan inden. Hadirnya Grand Filano tidak memakan porsi dari Fazzio.

"Penambahan tipe Grand Filano sudah direncanakan, sehingga tidak memakan porsi dari Fazzio. Grand Filano adalah tambahan, sehingga dua-duanya berjalan paralel dan sudah dalam planning Yamaha," ucap Dyonisius di Jakarta, Selasa (17/1/2023).

Dyonisius menjelaskan, basis mesin yang sama antara Grand Filano dengan Fazzio bukan berarti stok mesin yang ada dibagi dua, melainkan menambah kapasitas produksi.

Baca juga: All New Ayla dan Agya Segera Meluncur, Pakai CVT dan DNGA


"Fazzio produksinya akan kita naikkan karena sudah banyak inden sehingga yang membeli Fazzio tidak ragu, produksi yamaha tetap jalan dan bahkan meningkat," kata Dyonisius.

Untuk produksi Grand Filano, Dyonisius memang tidak bisa mengungkapkan secara rinci berapa jumlahnya. Yamaha cuma mau produksi Grand Filano bisa sesuai dengan kebutuhan konsumen.

"Kalau meledak permintaannya seperti fazzio, mungkin saja terjadi permintaan yang membeludak (inden)," kata Dyonisius.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com