Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Salah, Ini Bedanya Campervan, Motorhome dan Caravan

Kompas.com - 18/01/2023, 14:43 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Modifikasi kendaraan yang dibuat senyaman mungkin kini telah banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia.

Bahkan tidak sedikit yang menyulap kendaraan seperti rumah yang berjalan. Mulai dari campervan, motorhome hingga caravan menjadi kendaraan yang kini menjadi tren. Namun masih banyak yang keliru dengan membedakan ketiganya.

Winston Wiyanta, Managing Director karoseri Delima Jaya mengatakan jika campervan merupakan modifikasi kendaraan dari mobil penumpang yang sudah jadi.

Baca juga: Alasan Mengapa Air EV Mampu Jadi Mobil Listrik Terlaris 2022

“Misalnya pakai Land Cruiser, Innova atau Toyota Hiace yang bodinya sudah jadi. Kita hanya modifikasi dalamnya saja dan ditambah tenda. Itu disebutnya campervan. Jadi dasarnya adalah mobil jadi,” kata Winston saat ditemui langsung oleh Kompas.com di pabrik Delima Jaya, Selasa (18/1/2023).

Sementara itu, motorhome biasanya menggunakan sasis untuk kendaraan ukuran besar yang mana tidak diperuntukan untuk passanger car. Jadi menggunakan sasis dari kendaraan komersial seperti menggunakan light truk atau pikup. Modifikasi kendaraan ini akan dibuat senyaman mungkin seperti rumah.

Campervan basis HiaceDelima Jaya Campervan basis Hiace

“Nanti itu bisa kita bentuk sesuai kebutuhan motorhome. Nanti kita akan tanya kepada pelanggan mau seluas dan selengkap apa peralatannya di dalam motorhome,” kata Winston.

Baca juga: Alasan Mengapa Air EV Mampu Jadi Mobil Listrik Terlaris 2022

Kemudian, untuk caravan ini hampir seperti motorhome secara visual. Hanya saja biasanya bisa dibedakan dengan mudah karena ciri khasnya tanpa sasis. Caravan akan ditarik menggunakan mobil lain untuk melakukan mobilitas.

“Ini seperti motorhome, tapi caravan rumah di atas trailer. Ditarik mobil lain dari depan sistemnya. Kalau mau ditinggal pada suatu tempat bisa saja, nanti mobil depannya pergi dulu. Dan nanti ditarik lagi kalau mau pindah. Di luar negeri udah banyak,” kata Winston.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com