Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ingat Honda Motocompo? Kini Ada Versi Listriknya

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Motocompo merupakan motor legendaris Honda yang unik. Motor tersebut bisa dilipat sedemikian rupa agar bisa masuk di dalam bagasi, saat itu dipamerkan bersama Honda Civic tahun 1980-an.

Saat ini, motor tersebut jadi inspirasi Icoma untuk membuatnya dalam konfigurasi motor listrik. Icoma memberi nama motor listrik ringkas tersebut dengan sebutan Tatamel.

Dikutip dari Motorcyclenews, Tatamel adalah motor ringkas dalam koper, memakai motor listrik dan baterai sebagai sumber tenaganya.

Bobotnya cuma 50 Kg dan bisa dilipat sampai ukuran 690 mm x 690 mm x 260 mm. Sedangkan kalau dibuka, dimensinya jadi 1.230 mm x 1.000 mm x 650 mm, masih tetap ringkas bentuknya.

Tatamel dibekali dengan baterai 51,2 Volt dan motor listrik 600w yang menghasilkan tenaga 2.000W atau 2kW yang setara 2,68 TK. Kecepatan puncak dari motor ini cukup kencang, 40 kpj dan jarak tempuh 28,9 Km.

Ukurannya yang ringkas saat dilipat dan cukup ringan memberikan kemudahan ketika mau dicas. Motor tinggal dibawa ke dalam ruangan, disimpan di bawah meja dan dicas dengan kabel biasa, cukup tiga jam saja sampai penuh.

Pada bagian depan, memakai roda berukuran 10 inci, sedangkan di belakang 6,5 inci, memang cukup kecil. Untuk suspensi, di depan memakai telescopic dan belakang tunggal (mono).

Ketika dibuka atau riding mode, keluar bagian-bagian penting pada motor, seperti setang, lampu sein, dan komponen lain. Selain itu, ada speedometer juga yang ukurannya cukup kecil serta indikator baterai dan spion.

Pada bagian lampu, sudah disematkan LED di bagian depan dan belakang. Lampu tersebut juga kombinasi lampu rem, sein, dan lampu malam.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/01/07/140200815/ingat-honda-motocompo-kini-ada-versi-listriknya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke