Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW Siap Sematkan Teknologi Otonom Level 3

Kompas.com - 07/01/2023, 13:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Teknologi untuk kendaraan otonom terus dikembangkan oleh banyak pabrikan mobil. Tak terkecuali BMW yang dikabarkan sudah menyiapkan otonom hingga Level 3.

Untuk diketahui, Level 3 dalam mobil otonom sedikit lebih canggih dari Level 2 yang banyak disematkan pada mobil modern. Tapi, pada Level 3, fitur otomasi mampu mengemudi dalam kondisi terbatas asalkan semua kondisinya terpenuhi.

Baca juga: BMW Luncurkan Sedan Listrik Konsep i Vision Dee, Bisa Berubah Warna

Dikutip dari Carbuzz.com, Sabtu (7/1/2023), teknologi tersebut untuk awalan akan disematkan pada Seri 7. Selanjutnya, akan menjadi fitur standar pada semua model BMW.

Interior mewah BMW i7 dengan beragam fitur terkini dan canggihBMW Interior mewah BMW i7 dengan beragam fitur terkini dan canggih

Chief Technology Officer BMW Frank Weber, mengatakan, sebelum Level 3 disematkan, teknologi otonom Level 2+ harus disempurnakan. Setelah itu, baru otonom sepenuhnya bisa terjadi.

"Level 3 sudah diperkenalkan tahun ini. Ini adalah Level 3 sesungguhnya, kendaraan yang memegang kendali, bukan pengemudi," ujar Weber.

Baca juga: Modifikasi Ekstrem, Ganti Mesin BMW X3 Pakai Isuzu Panther

Weber menambahkan, untuk saat ini, teknologi otonom Level 3 akan berfungsi dalam kecepatan terbatas. Tapi, batasnya akan terus ditingkatkan.

Tampilan belakang BMW i7 lebih elegan dengan desain mewah dan klimisDANIEL KRAUS Tampilan belakang BMW i7 lebih elegan dengan desain mewah dan klimis

"Fungsi Level 3 masih mahal, karena sistem pengaturan sensor mobil dan energi cadangan membuat semuanya sangat mahal terkait apa yang bisa Level 3 lakukan saat ini," kata Weber.

Maka itu, teknologi otonom Level 3 baru akan hadir pada BMW Seri 7. Weber mengatakan, Level 3 yang lebih terjangkau akan bisa dinikmati setidaknya satu dekade dari sekarang.

Untuk diketahui, rival BMW dari negara yang sama, yakni Mercedes-Benz, juga sudah memperkenalkan Level 3 ke pasar, khususnya di Eropa. Mercedes-Benz mengumumkan Drive Pilot juga dalam waktu dekat akan bisa digunakan di Nevada dan California tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com