Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

BMW Siap Sematkan Teknologi Otonom Level 3

JAKARTA, KOMPAS.com - Teknologi untuk kendaraan otonom terus dikembangkan oleh banyak pabrikan mobil. Tak terkecuali BMW yang dikabarkan sudah menyiapkan otonom hingga Level 3.

Untuk diketahui, Level 3 dalam mobil otonom sedikit lebih canggih dari Level 2 yang banyak disematkan pada mobil modern. Tapi, pada Level 3, fitur otomasi mampu mengemudi dalam kondisi terbatas asalkan semua kondisinya terpenuhi.

Dikutip dari Carbuzz.com, Sabtu (7/1/2023), teknologi tersebut untuk awalan akan disematkan pada Seri 7. Selanjutnya, akan menjadi fitur standar pada semua model BMW.

Chief Technology Officer BMW Frank Weber, mengatakan, sebelum Level 3 disematkan, teknologi otonom Level 2+ harus disempurnakan. Setelah itu, baru otonom sepenuhnya bisa terjadi.

"Level 3 sudah diperkenalkan tahun ini. Ini adalah Level 3 sesungguhnya, kendaraan yang memegang kendali, bukan pengemudi," ujar Weber.

Weber menambahkan, untuk saat ini, teknologi otonom Level 3 akan berfungsi dalam kecepatan terbatas. Tapi, batasnya akan terus ditingkatkan.

"Fungsi Level 3 masih mahal, karena sistem pengaturan sensor mobil dan energi cadangan membuat semuanya sangat mahal terkait apa yang bisa Level 3 lakukan saat ini," kata Weber.

Maka itu, teknologi otonom Level 3 baru akan hadir pada BMW Seri 7. Weber mengatakan, Level 3 yang lebih terjangkau akan bisa dinikmati setidaknya satu dekade dari sekarang.

Untuk diketahui, rival BMW dari negara yang sama, yakni Mercedes-Benz, juga sudah memperkenalkan Level 3 ke pasar, khususnya di Eropa. Mercedes-Benz mengumumkan Drive Pilot juga dalam waktu dekat akan bisa digunakan di Nevada dan California tahun ini.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/01/07/132100615/bmw-siap-sematkan-teknologi-otonom-level-3

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke