Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/01/2023, 09:12 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Setelah libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) yang berlangsung kurang lebih dua pekan terakhir, belasan ribu penumpang mulai tiba di sejumlah terminal yang ada di Jakarta.

Tercatat, ada 15.732 penumpang tiba di terminal Tipe A dan terminal bantuan sejak 1-3 Januari 2023.

Secara lebih rinci, ada, 13.296 penumpang tiba di terminal Tipe A dan 2.436 penumpang di terminal bantuan.

Baca juga: Dipecat dari PO Haryanto, Rian Mahendra Kini Menganggur

Pergerakan penumpang bus antarkota antarprovinsi (AKAP) paska Lebaran belum terjadi secara signifikan di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, pada Kamis (5/5/2022)Kompas.com/MITA AMALIA HAPSARI Pergerakan penumpang bus antarkota antarprovinsi (AKAP) paska Lebaran belum terjadi secara signifikan di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, pada Kamis (5/5/2022)

Sementara itu, jumlah armada bus AKAP yang tiba pada periode tersebut mencapai 2.328 unit, dengan rincian 1.596 bus di terminal Tipe A dan 732 bus di terminal bantuan.

Kepala UP Terminal Angkutan Jalan (UPTAJ) Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syamsul Mirwan mengatakan, kedatangan penumpang mengalami peningkatan sejak hari pertama tahun 2023.

“2 Januari mencapai 5.000 orang. Puncak kedatangan diprediksi Minggu ini,” ujar Syamsul, dalam keterangan tertulis (5/1/2023).

Baca juga: Mobil Mesin Diesel Tidak Boleh Langsung Dimatikan Setelah Berhenti?


Syamsul menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan tujuh terminal untuk melayani masyarakat yang akan melakukan perjalanan saat Nataru terdiri dari empat terminal utama dan tiga terminal bantuan.

Terminal utama yang disiapkan terdiri dari Terminal Kampung Rambutan, Terminal Kalideres, Terminal Terpadu Pulogebang dan Terminal Tanjung Priok.

Sementara terminal bantuan yang disediakan meliputi Terminal Muara Angke, Terminal Lebak Bulus dan Terminal Grogol.

“Terminal bantuan merupakan langkah mitigasi pemecahan kepadatan calon penumpang yang akan melakukan perjalanan saat Nataru,” kata Syamsul.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.