Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belasan Ribu Penumpang Bus AKAP Tiba di Jakarta Usai Nataru

Kompas.com - 06/01/2023, 09:12 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Setelah libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) yang berlangsung kurang lebih dua pekan terakhir, belasan ribu penumpang mulai tiba di sejumlah terminal yang ada di Jakarta.

Tercatat, ada 15.732 penumpang tiba di terminal Tipe A dan terminal bantuan sejak 1-3 Januari 2023.

Secara lebih rinci, ada, 13.296 penumpang tiba di terminal Tipe A dan 2.436 penumpang di terminal bantuan.

Baca juga: Dipecat dari PO Haryanto, Rian Mahendra Kini Menganggur

Pergerakan penumpang bus antarkota antarprovinsi (AKAP) paska Lebaran belum terjadi secara signifikan di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, pada Kamis (5/5/2022)Kompas.com/MITA AMALIA HAPSARI Pergerakan penumpang bus antarkota antarprovinsi (AKAP) paska Lebaran belum terjadi secara signifikan di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, pada Kamis (5/5/2022)

Sementara itu, jumlah armada bus AKAP yang tiba pada periode tersebut mencapai 2.328 unit, dengan rincian 1.596 bus di terminal Tipe A dan 732 bus di terminal bantuan.

Kepala UP Terminal Angkutan Jalan (UPTAJ) Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syamsul Mirwan mengatakan, kedatangan penumpang mengalami peningkatan sejak hari pertama tahun 2023.

“2 Januari mencapai 5.000 orang. Puncak kedatangan diprediksi Minggu ini,” ujar Syamsul, dalam keterangan tertulis (5/1/2023).

Baca juga: Mobil Mesin Diesel Tidak Boleh Langsung Dimatikan Setelah Berhenti?


Syamsul menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan tujuh terminal untuk melayani masyarakat yang akan melakukan perjalanan saat Nataru terdiri dari empat terminal utama dan tiga terminal bantuan.

Terminal utama yang disiapkan terdiri dari Terminal Kampung Rambutan, Terminal Kalideres, Terminal Terpadu Pulogebang dan Terminal Tanjung Priok.

Sementara terminal bantuan yang disediakan meliputi Terminal Muara Angke, Terminal Lebak Bulus dan Terminal Grogol.

“Terminal bantuan merupakan langkah mitigasi pemecahan kepadatan calon penumpang yang akan melakukan perjalanan saat Nataru,” kata Syamsul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com