Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Listrik Toyota bZ4X Laku Disewa 40 Unit

Kompas.com - 06/01/2023, 08:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mirza Adityaswara menyatakan bahwa program pemberian uang muka (down payment/DP) 0 persen untuk kredit mobil listrik kembali berlaku pada tahun ini.

Kebijakan tersebut supaya masyarakat lebih mudah menggarasikan kendaran terkait sehingga proses percepatan penggunaan kendaraan listrik bermotor berbasis baterai (KBLBB) di dalam negeri bisa tercapai sesuai target pemerintah.

Kebijakan tersebut, tercantum dalam POJK 35 tahun 2018 dan POJK 10 yang dirilis pada 2019 lalu.

Baca juga: Beragam Mobil Listrik Sudah Dipasarkan, Cek Harganya per Januari 2023

Mobil listrik Toyota bZ4XKompas.com Mobil listrik Toyota bZ4X

Menanggapi kebijakan ini, DRM and Marcomm Dept Head Toyota Astra Financial Service (TAF) Richard Wang menyambutnya secara positif karena era elektrifikasi memang patut untuk didorong.

Lantas, bagaimana kah cara mendapatkan kredit mobil listrik dengan DP 0 persen di TAF?

Untuk di ketahui, terdapat satu mobil listrik murni yang sudah dijual oleh Toyota Indonesia yaitu Toyota bZ4X dengan harga Rp 1,190 miliar on the road (OTR) Jakarta.

"TAF masih terus mempelajari skema kredit mobil listrik dengan sistem DP 0 persen. Kini, untuk sementara, kami mengutamakannya untuk existing database konsumen TAF," kata Richard kepada Kompas.com, Kamis (5/1/2022).

"Untuk sementara kami telah mengaplikasikan kemudahan layanan tanpa uang muka ke produk berlangganan mobil listrik bZ4X melalui produk Kinto," ucap Richard, melanjutkan.

Baca juga: Hentikan Kebiasaan Menyalakan Lampu Hazard Saat Hujan di Jalan Tol

Toyota bZ4X Meriahkan Pameran Kendaran Elektrifikasi di Nusa Dua BaliToyota Toyota bZ4X Meriahkan Pameran Kendaran Elektrifikasi di Nusa Dua Bali

Berdasarkan catatan perseroan, sampai dengan Januari 2023 tercatat sudah ada 40 unit bZ4X yang dimanfaatkan masyarakat Indonesia melalui Kinto.

Kinto adalah skema sewa mobil dengan konsep berlengganan untuk konsumen individu. Layanan ini merupakan turunan dari Grup Toyota. Sederhananya, konsep sewa mobil full service tanpa ribet harus memikirkan biaya servis dan perawatan.

Meski demikian, sembari menunggu kendaran yang dibawa langsung dari Jepang itu bisa diterima masyarakat Indonesia lebih luas, Toyota juga memberikan program menarik ke mobil listrik lainnya dengan teknologi hibrida, yaitu Kijang Innova Zenix Hybrid.

"Sebagai contoh sejak November 2022 lalu kami sudah menyiapkan promo DP 0 persen dan bunga mulai dari 0 persen dengan syarat khusus untuk customer retention TAF dengan history kredit yang baik," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com