Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsumsi BBM The President BMW X7 di Jalur Jakarta-Bandung

Kompas.com - 05/01/2023, 18:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama perjalanan di dalam dan luar kota menggunakan BMW X7, kesan nyaman seraya mewah kerap terpancarkan. Bahkan saat melewati jalur berliku dan menanjak, tidak ada ditemukan kesulitan berarti.

Hal tersebut sebagai dampak dari penyematan mesin bongsor berkapasitas 2.998 cc 6-silinder TwinPower Turbo yang menghebuskan tenaga 340 Tk dan torsi 450 Nm. Lalu ada juga berbagai fitur canggih yang membantu meningkatkan pengalaman berkendaranya.

Namun bila berbicara bahan bakar minyak (BBM), agaknya cukup berbanding lurus meski figur ini bukan hal prioritas bagi konsumen mobil premium.

Baca juga: Maksimalkan Fitur Melimpah BMW X7 di Jalanan Perkotaan

BMW X7KOMPAS.com/DIO DANANJAYA BMW X7

Saat redaksi coba untuk melewati rute kombinasi di perkotaan dan lancarnya jalanan tol dari Jakarta-Bandung, kendaraan berujuk The President ini mencatatkan rata-rata konsumsi BBM 5,3 kpl untuk pemakaian dengan jarak 162,8 kilometer.

Angka tersebut didapatkan dari layar MID X7. Sebagai catatan, selama perjalanan kami bekali dengan BBM RON 95 atau sekelas Shell V-Power sebagaimana rekomendasi dari pabrikan.

Penggunaannya pun normal di mana seluruh fitur diaktifkan termasuk air conditioner (AC) di posisi yang wajar untuk pemakaian sehari-hari. Tapi mode berkendaranya, turut diubah sesuai kebutuhan yakni dari Normal serta Sport.

Baca juga: Jadi Sultan di Kursi Belakang The President BMW X7

Konsumsi BBM BMW X7KOMPAS.com/Ruly Kurniawan Konsumsi BBM BMW X7

Saat digunakan di dalam kota, terbukti bahwa tenaga yang dimilikinya itu sangat optimal, baik ketika dalam putaran rendah sampai tengah. Torsinya begitu besar yaitu 450 Nm, membuat keadaan stop-and-go begitu reaktif tapi tidak terasa loncat-loncat.

Ketika mobil memerlukan tenaga tambahan karena jalanan sudah sepi, turbo langsung terasa untuk mengembuskan daya tambahan. Kala itu, mobil berada di putaran 2.000 rpm sehingga secara keseluruhan X7 nyaman dikendarai.

Baca juga: Siksa BMW X7 di Medan Offroad, The President Diajak Main Air

Memasuki jalanan tol menuju Bandung, redaksi mencoba tenaga penuh dari X7 dengan mengaktifkan mode Sport.

Sontak, setiap tekanan gas yang diberikan mobil langsung meresponnya dengan cepat. Hal serupa juga terasa ketika kaki melepaskan tekanan dari pedal gas, deselerasinya reaktif untuk membantu mengurangi kecepatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.