Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

376.387 Kendaraan Kembali Memadati Jabotabek

Kompas.com - 04/01/2023, 07:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tercatat 376.387 kendaraaan tercatat kembali memadati wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi (Jabotabek) pada 1-2 Januari 2023.

Jumlah tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat Gerbang Tol (GT) Barrier atau Utama, yaitu GT Cikupa (dari arah Merak), GT Ciawi (dari arah Puncak), dan GT Cikampek Utama (dari arah Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (dari arah Bandung).

Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Lisye Octaviana mengatakan, total volume lalin yang kembali wilayah Jabotabek ini naik 23,59 persen jika dibandingkan lalin normal periode Juni 2022 dengan total 304.548 kendaraan.

Baca juga: Angka Kecelakaan Lalu Lintas Naik 11 Persen Selama Libur Nataru

Jika dibandingkan dengan periode Nataru 2021, total volume lalin ini naik 10,42 persen, dengan total 340.882 kendaraan.

“Sementara itu, jika dibandingkan dengan prediksi volume lalin Nataru 2022 pada periode yang sama, total volume lalin tersebut naik sebesar 3,47 persen dengan total 363.747 kendaraan,” kata Lisye, dikutip dari NTMC Polri, Selasa (3/1/2023).

Lalu lintas kendaraan di Tol Dalam Kota Jakarta tampak padat pada jam pulang kerja di hari ketiga pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tahap dua, Rabu (16/9/2020). Pembatasan kendaraan bermotor melalui skema ganjil genap di berbagai ruas Ibu Kota resmi dicabut selama PSBB tahap dua.KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Lalu lintas kendaraan di Tol Dalam Kota Jakarta tampak padat pada jam pulang kerja di hari ketiga pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tahap dua, Rabu (16/9/2020). Pembatasan kendaraan bermotor melalui skema ganjil genap di berbagai ruas Ibu Kota resmi dicabut selama PSBB tahap dua.

Untuk distribusi lalu lintas kembali ke wilayah Jabotabek dari ketiga arah yaitu mayoritas sebanyak 199.953 kendaraan (53,12 persen) dari arah Timur (Trans Jawa dan Bandung), 94.992 kendaraan (25,24 persen ) dari arah Barat (Merak), dan 81.442 kendaraan (21,64 persen) dari arah Selatan (Puncak).

Adapun rincian distribusi lalin sebagai berikut:

Arah timur (Trans Jawa dan Bandung)

  • Lalin kembali ke Jabotabek dari arah Trans Jawa melalui GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek, dengan jumlah 108.551 kendaraan, meningkat sebesar 68,88 persen dari lalin normal.
  • Lalin kembali ke Jabotabek dari arah Bandung melalui GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang, dengan jumlah 91.402 kendaraan, meningkat sebesar 23,8 persen dari lalin normal.
  • Total lalin kembali ke Jabotabek dari arah Trans Jawa dan Bandung melalui kedua GT tersebut adalah sebanyak 199.953 kendaraan, meningkat sebesar 44,78 persen dari lalin normal.

Baca juga: 4 Jenis Bus untuk Transportasi Umum di IKN Nusantara

Arah Barat (Merak)

  • Lalin kembali ke Jabotabek dari arah Merak melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak adalah sebesar 94.992 kendaraan, meningkat sebesar 1,57 persen dari lalin normal.

Arah Selatan (Puncak)

  • Jumlah kendaraan yang kembali ke Jabotabek dari arah Puncak melalui GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi sebanyak 81.442 kendaraan, meningkat sebesar 11,69 persen dari lalin normal.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.