Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Pengendara Motor Tegur Pengemudi Mobil yang Merokok di Jalan

Kompas.com - 03/01/2023, 06:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Viral di media sosial video yang memperlihatkan seorang pria memberikan wadah untuk pengemudi mobil yang kedapatan merokok sambil berkendara.

Dalam rekaman yang diunggah oleh akun Tiktok bernama @erdeeputra, pada (29/12/2022), dinarasikan bahwa abu dari pengemudi mobil tersebut mengenai salah satu pengendara motor wanita yang hendak menyalip.

Bahkan pengendara wanita itu sempai menghentikan perjalanannya lantaran abu dari rokok tersebut terbang mengenai matanya.

Baca juga: Penyebab Harga Tesla Bekas Turun Drastis

Aksi pengemudi mobil itu pun sontak membuat geram pengendara motor lain. Seperti sang pengunggah video yang langsung menegur pengemudi mobil sambil memberikan wadah untuk dijadikan asbak.

“Sampeyan kalau tidak ada asbak, tak kasih asbak. Tadi ada orang kena matanya, makanya saya nyalip sampeyan. Kalau ngerokok jangan dibuang keluar,” kata pria dalam video tersebut.

@erdeeputra

buat klen perokok jalan raya, yang kalo naek mobil kaca dibuka tangan keluar rokok melayang, bisalah dipake akal sehat klen buat empati terhadap pengendara lain yang ada dibelakang kalian, kadang abu rokok tu kena mata pedih borrrrr. rokok itu bisa dibeli tiap hari, belilah asbak buat mobilmu, kalau takut tumpah dimobimu abunya ya gausah merokok. kalau mau merokok pake adap merokok pakai asbak dimobilmu! kenapa takit kebakar mobilmu ? ya kalau takut kenapa kau merokok dan kalau kena mata orang lain gak takut.

? suara asli - erdeeputra

Perlu ditegaskan, bahwa merokok sambil mengendarai kendaraan bermotor baik roda empat maupun roda dua dinilai berbahaya karena mengganggu konsentrasi pengendara.

Mirisnya, meski sudah sering terjadi kasus merugikan terkait mata terkena abu rokok di jalan, tidak membuat pengguna jalan yang merokok jera.

Pemerhati masalah transportasi dan hukum Budiyanto mengatakan, pengguna kendaraan bermotor yang kedapatan merokok sambil berkendara harusnya mendapat penegakan hukum.

Menurut Budiyanto, hal ini perlu dilakukan untuk menjamin keamanan dan keselamatan berlalu lintas. Lagipula merokok saat berkendara dapat mengganggu konsentrasi dan berpotensi terjadinya kecelakaan.

“Dalam tata cara berlalu lintas yang diatur dalam UU No 22 tahun 2009 tentang LLAJ, pasal 106 ayat (1) menyebut setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan wajib mengemudikan kendaraannya dengan wajar dan penuh konsentrasi,” ucapnya belum lama ini.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.