Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Memilih Tempat Berteduh yang Aman Saat Cuaca Ekstrem

Kompas.com - 30/12/2022, 16:12 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sampai awal 2023, kabarnya akan terjadi cuaca ekstrem yang melanda berbagai kota di Indonesia. Cuaca ekstrem yang dimaksud adalah hujan deras sampai angin kencang.

Tentu ketika sedang hujan, kerap ditemui pengendara motor yang berteduh di kolong flyover, terowongan, sampai halte. Namun ketika cuaca ekstrem, tempat berteduh tadi sebenarnya sangat berbahaya.

Menurut Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana, berteduh di bawah fly over atau halte boleh saja kalau hanya untuk menggunakan jas hujan.

Baca juga: Pasar Motor LIstrik Positif, Gesits Fokus Tambah Dealer Tahun Depan

Para pengendara motor berteduh di kolong underpass Pasar Minggu Jakarta Selatan.Iwan Supriyatna Para pengendara motor berteduh di kolong underpass Pasar Minggu Jakarta Selatan.

"Tapi kalau untuk waktu yang lama, lebih baik mencari tempat yang lebih aman dan nyaman. Misal masuk ke area parkir pertokoan atau mall, atau tempat2 yg memang terdapat area parkir dan kita bisa dengan nyaman untuk berteduh," ucap Agus kepada Kompas.com, Jumat (30/12/2022).

Kalau misal berteduh di bawah flyover atau halte bus, bisa mengganggu lalu lintas, menimbulkan kemacetan. Selain itu, berteduh di tempat tersebut juga tidak nyaman dan berisiko bahaya.

Baca juga: PO Sinar Jaya Tambah Bus Baru Buatan Karoseri Tentrem, Avante H7 Facelift


"Potensi bahaya selalu ada, kalau cuaca ekstrem dibarengi angin kencang, kemungkinan seperti halte bisa rusak, jadi tidak aman," ucap Agus.

Selain itu, jangan juga berteduh di bawah pohon saat hujan deras dan angin kencang. Pohon bisa jadi sasaran petir atau tumbang karena terpaan angin yang kencang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com