Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/12/2022, 16:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sampai awal 2023, kabarnya akan terjadi cuaca ekstrem yang melanda berbagai kota di Indonesia. Cuaca ekstrem yang dimaksud adalah hujan deras sampai angin kencang.

Tentu ketika sedang hujan, kerap ditemui pengendara motor yang berteduh di kolong flyover, terowongan, sampai halte. Namun ketika cuaca ekstrem, tempat berteduh tadi sebenarnya sangat berbahaya.

Menurut Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana, berteduh di bawah fly over atau halte boleh saja kalau hanya untuk menggunakan jas hujan.

Baca juga: Pasar Motor LIstrik Positif, Gesits Fokus Tambah Dealer Tahun Depan

Para pengendara motor berteduh di kolong underpass Pasar Minggu Jakarta Selatan.Iwan Supriyatna Para pengendara motor berteduh di kolong underpass Pasar Minggu Jakarta Selatan.

"Tapi kalau untuk waktu yang lama, lebih baik mencari tempat yang lebih aman dan nyaman. Misal masuk ke area parkir pertokoan atau mall, atau tempat2 yg memang terdapat area parkir dan kita bisa dengan nyaman untuk berteduh," ucap Agus kepada Kompas.com, Jumat (30/12/2022).

Kalau misal berteduh di bawah flyover atau halte bus, bisa mengganggu lalu lintas, menimbulkan kemacetan. Selain itu, berteduh di tempat tersebut juga tidak nyaman dan berisiko bahaya.

Baca juga: PO Sinar Jaya Tambah Bus Baru Buatan Karoseri Tentrem, Avante H7 Facelift


"Potensi bahaya selalu ada, kalau cuaca ekstrem dibarengi angin kencang, kemungkinan seperti halte bisa rusak, jadi tidak aman," ucap Agus.

Selain itu, jangan juga berteduh di bawah pohon saat hujan deras dan angin kencang. Pohon bisa jadi sasaran petir atau tumbang karena terpaan angin yang kencang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.