Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arus Lalu Lintas di Tol Cipali Naik 50 Persen Saat Puncak Natal 2022

Kompas.com - 30/12/2022, 18:50 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Astra Infra Toll Road Cikopo-Palimanan (Astra Tol Cipali) mencatat pergerakan arus lalu lintas selama libur Natal 2022 yang jatuh pada 24 Desember 2022, meningkat 50 persen dibanding rata-rata arus lalu lintas harian yaitu 93.000 kendaraan.

Meski demikian, kala itu tidak ada kemacetan yang sampai mengular. Terpantau arus di gerbang tol dan rest area masih normal sehingga petugas lapangan tidak menerapkan rekayasa lalu lintas.

"Astra Tol Cipali tidak menerapkan contraflow dan kelancaran lalu lintas terjadi baik di gerbang tol maupun rest area," kata Presiden Direktur Astra Tol Cipali Firdaus Azis dalam keterangan tertulis, Jumat (30/12/2022).

Baca juga: Tips Memilih Tempat Berteduh yang Aman Saat Cuaca Ekstrem

Bus berisikan 40 penumpang alami kecelakaan di ruas jalan Tol Cipali, Km 100.900, Kecamatan Kalijati, Kabupten Subang, Minggu (11/12/2022). Dua diantaranya tewas dilokasi kejadian. Dok. PJR Tol Cipali Bus berisikan 40 penumpang alami kecelakaan di ruas jalan Tol Cipali, Km 100.900, Kecamatan Kalijati, Kabupten Subang, Minggu (11/12/2022). Dua diantaranya tewas dilokasi kejadian. 

Firdaus menyebut, pihaknya juga sudah siap dalam menghadapi puncak arus libur tahun baru 2023 yang akan terjadi pada Minggu, 1 Januari 2023 mendatang.

Sejumlah diskresi lalu lintas juga telah dipertimbangkan untuk mengurai kepadatan di ruas-ruas tertentu sampai gerbang tol.

"Kesiapan kami dalam menghadapi puncak arus libur tahun baru 2023 dengan perkiraan peningkatan 56 persen dibanding rata-rata lalu lintas harian," kata dia.

Tidak sampai di sana, CCTV yang tersebar di sepanjang Tol Cipali juga akan digunakan perseroan dalam memantau kondisi lalu lintas dan kenyamanan jika terjadi gangguan, serta meningkatkan waktu respon pelayanan.

Baca juga: Ada Rekayasa Lalu Lintas di Jaksel Saat Malam Tahun Baru, Ini Lokasinya

Ilustrasi Tol Cipali saat dipakai pemudik musim lebaran 2019KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Ilustrasi Tol Cipali saat dipakai pemudik musim lebaran 2019

Dalam upaya menjaga perjalanan nyaman dan aman, Firdaus mengimbau agar seluruh pengendara di ruas terkait turut tertib berkendara dengan mematuhi rambu-rambu lalu lintas kecepatan, yaitu minimal 60 kpj dan maksimum 100 kpj.

Dalam kondisi penghujan, diimbau juga untuk memacu kendaraan dalam batas aman, yaitu maksimum 70 kpj.

"Jangan lupa untuk selalu mengecek kondisi kendaraan dan tekanan ban anda. Apabila telah 4 jam mengemudi atau kondisi fisik sudah lelah segera beristirahat di 8 rest area yang tersebar di Tol Cipali, baik arah Jakarta maupun arah Cirebon," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com